3
Netral English Netral Mandarin
00:26 wib
Kementerian Lingkungan Hidup mengungkap ada peningkatan titik panas yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan di beberapa provinsi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kegiatan sekolah tatap muka bisa dilakukan pada semester kedua tahun ini, atau tepatnya pada Juli 2021 mendatang.
Stop Malu apalagi Bunuh Diri! Ini Tips Menghilangkan Jerawat

Kamis, 21-January-2021 15:10

Ilustasi - Jangan Malu apalagi Bunuh Diri, Inilah Tips Menghilangkan Jerawat
Foto : Istimewa
Ilustasi - Jangan Malu apalagi Bunuh Diri, Inilah Tips Menghilangkan Jerawat
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Gegara tak mengenal tips menghilangkan jerawat, seorang remaja mengalami depresi dan nyaris berniat mengakhiri hidupnya.

Ia merasakan seolah dunia bakal segera kiamat saat wajah cantiknya berubah menjadi mengerikan gegara ditumbuhi banyak jerawat.

Ia adalah Bunga, siswi kelas 10 di satu SMA Negeri Purworejo. Berhari-hari ia marah terhadap dirinya sendiri.

Tak hanya sampai di situ, ia kutuki pula bapak ibunya yang katanya menjadi penyebab semuanya. Ia menangis. Wajahnya disembunyikan dalam bantal seolah agar wajahnya tak dikenal dunia ini.

Dalam ratapannya, ia merasa dunia ini tak adil. Ia tak pernah diminta dilahirkan dan kalaupun lahir, tak pernah ditawari  lahir dari keluarga mana dan wajahnya seperti apa.

Semua tiba-tiba terjadi dan harus menerima jadi anak seorang petani.  

Psikologi akil balik seperti Bunga sebenarnya wajar terjadi. Yang dibutuhkannya adalah pendampingan dan mencari akar penyebab mengapa pemikiran itu muncul.

Dalam kasus bunga, setelah guru Bimbingan Konseling mengorek apa yang ada dalam hati Bunga, ternyata penyebabnya sungguh sepele tapi bagi Bunga sangat penting.

Bunga membutuhkan pengakuan akan eksistensinya. Ia pengagum kecantikan namun sebaliknya ia merasa dirinya tidak cantik gegara mukanya ditumbuhi banyak jerawat.

Jerawat menjadi sumber malapetaka baginya. Ia malu tanpa tahu harus berbuat apa. Padahal, jerawat bisa diobati dan bisa disembuhkan.

Jalan pikirannya buntu karena Bunga memiliki karakter tertutup. Alhasil ia berusaha memendam dan dan terus memendam kejengkelan yang ternyata semakin tumbuh laksana pohon beringin yang digemari para hantu.

Hantu-hantu itu berupa pikiran negatif, was-was, minder, kecil hati, hingga mengutuki semua yang ada di depannya. Hidup pun menjadi gelap gulita. Rasa syukur menjauh. Singkat cerita, hidup hilang indahnya.

Bunga mendapat pendampingan guru Bimbingan Konseling di sekolahnya. Berkat Guru tersebut, Bunga akhirnya mau terbuka. Ia malu dan tak bisa menerima wajahnya penuh jerawat.

Dengan kasih sayang laksana anak sendiri, Ibu Guru Nastiti, membimbing Bunga hingga mengarahkannya untuk menjalani perawatan dan pengobatan jerawatnya.

“Pendekatan sangat halus, tak bisa dikerasi. Bunga sudah di level depresi oleh pikiran buruknya sendiri. Beruntung saya bisa mengambil hatinya,” tutur Nastiti kepada Netralnews beberapa waktu silam.

Rupanya Bunga juga merupakan tipe tertutup. Kepada bapak ibunya yang petani sederhana tak pernah mau mengungkapkan perasaannya.

“Masalah jerawat kemudian merembet pada penyesalan dan penolakan terhadap anugerah kehidupan. Bapak ibunya yang hanya lulusan sekolah rendah membuat semakin dirinya malu. Padahal tak ada salah sedikitpun dengan bapak ibunya,” terang Nastiti.

Dalam pengusutannya, Nastiti juga berhasil mengetahui bahwa Bunga adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Kakak-kakaknya semua sudah menikah dan tinggal di luar kota.

Alhasil, Bunga tak memiliki tempat untuk mencurahkan kegalauan khas anak remaja yang sedang alami akil balik.

“Saya bersyukur sekali bisa temukan akar masalahnya. Ternyata sepela. Semua diawali banyaknya jerawat di wajahnya. Ia minder dan jiwanya semakin mengeriut atau mengkerut, gitulah kira-kira,” jelas Nastiti.

Dalam pendampingan selanjutnya, Nastiti kemudian mencarikan beberapa solusi atas masalah Bunga. Ia paham bahwa jerawat biasa tumbuh dan bisa merajalela.

Dari konsultasi sana sini serta baca berbagai sumber, ia berhasil merumuskan beberapa solusi atau tips mengatasi jerawat. Bila dirangkum ada beberapa poin.

Catatan berdasar kisah nyata yang dialami Bunga dan dikisahkan Nastiti bisa jadi bermanfaat bagi bapak/ibu yang putra/putrinya mengalami masalah serupa.

Atau mungkin Anda juga mengalami masalah yang sama?

Nah, ternyata ada banyak cara menghilangkan jerawat secara alami yang mudah untuk diikuti. Semua bahannya ada di sekitar kita.

Bahan-bahan itu mulai dari bawang putih, madu, hingga lidah buaya, bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, menjalani pola hidup yang sehat, rupanya juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Cara menghilangkan jerawat secara alami di bawah ini, dipercaya efektif untuk membuat kulit kembali sehat dan bebas dari jerawat.

Namun perlu diingat, tahap pertama dari semua penggunaan bahan itu hanya ada satu yakni: hilangkan stres terlebih dahulu.

Selama stres menghuni jiwa dan pikiran Anda, apapun bahan yang digunakan dipastikan tidak akan mampu membuat Anda sembuh.

Selain itu, penggunaan bahan-bahan berikut belum pernah dilakukan kajian ilmiah yang utuh. Semua berbasis pada pengalaman sejumlah orang yang pernah mengidap jerawat tetapi berhasil sembuh dengan bahan tersebut.

Pesan terakhir, tidak boleh semua bahan digunakan untuk satu orang  sekaligus. Maksudnya, pilihlah bahan mana yang akan Anda gunakan.

Bila bahan tersebut sudah menunjukkan hasil yang baik, lanjutkan secara tertib dan terjadwal.

Sebaliknya bila satu bahan yang digunakan tidak menunjukkan hasil, bolehlah Anda menggunakan alternatif bahan lainnya. Ini pun juga dilakukan dengan pola yang sama.

Berikut beberapa poin solusi mengatasi jerawat:

1. Hilangkan stres

Apapun bahan yang digunakan, pertama-tama bebaskan Anda dari stres. Mengobati dengan bahan-bahan tertentu sangat penting tetapi akan efektif bila pengobatan dari “dalam” diakukan lebih dulu yakni “pikiran”.

Sebab, stres menghasilkan energi negatif dan memunculkan hormon yang dapat memicu produksi minyak (sebum) berlebih dan menyebabkan kulit meradang, sehingga memperparah jerawat.

Selain itu, stres juga dapat memperlambat proses penyembuhan luka hingga 40%, dan memperlambat penyembuhan bekas jerawat.

Nah, untuk hilangkan stres, cobalah banyakin melakukan aktivitas yang terkait dengan hobimu. Kegiatan yang menyenangkan otomatis akan menyegarkan jiwa Anda.

2. Lidah buaya

Bahan pertama yang bisa digunakan adalah gel lidah buaya. Bahan ini dapat membantu meredakan peradangan di kulit yang muncul akibat jerawat.

Lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan sulfur. Dua bahan ini sudah sering digunakan untuk mengatasi jerawat di kulit.

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat adalah kerok gel lidah buaya secara langsung dengan menggunakan sendok.

Oleskan secara langsung ke wajah sebagai pelembap. Ulangi 1-2 kali sehari Jika muncul iritasi, rasa gatal, atau kemerahan, sebaiknya hentikan penggunaan.

3. Cuka apel

Bahan berikutnya adalah cuka apel. Bahan ini mengandung beberapa jenis asam organik yang dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi minyak berlebih.

Untuk menggunakan cuka apel sebagai pembasmi jerawat, berikut ini langkah-langkahnya.

Campur 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air. Lalu bersihkan wajah, setelah itu oleskan campuran cuka apel ke kulit, menggunakan kapas steril.

Biarkan selama 5-20 detik. Bilas wajah, lalu keringkan. Ulangi langkah di atas 1-2 kali sehari.

4. Madu

Selanjutnya adalah madu. Bahan ini bisa menghilangkan jerawat karena mengandung antioksidan yang dapat membersihkan kotoran di wajah, serta mencegah penyumbatan di pori-pori.

Selain itu, madu juga bersifat antibakteri dan mengandung bahan yang dapat membantu penyembuhan luka.

Kita cukup mengoleskan madu ke kulit menggunakan kapas steril, untuk mendapatkan manfaatnya dalam menghilangkan jerawat.

5. Kayu manis

Berikiutnya adalah Kayu manis. Bahan ini merupakan antioksidan dan mengandung bahan antibakteri, dan dapat membantu meredakan jerawat yang meradang.

6. Bawang putih

Bahan sehari-hari yang mudah kita dapatkan berikutnya adalah bawang putih.

Bawang putih dipercaya dapat membantu mengatasi infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri termasuk untuk menghilangkan jerawat.

Kamu dapat menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam asupan harian, untuk mendapatkan manfaatnya.Sebaiknya, kamu tidak mengoleskan bawang putih langsung ke kulit wajah yang berjerawat, karena dapat menyebabkan iritasi.

7. Es batu

Lanjut, bahan sederhana tapi mujarab berikutnya adalah es batu.

Meski tidak akan menyembuhkan jerawat secara tuntas, es batu dapat membantu meredakan jerawat yang meradang.

Kompres jerawat yang sedang meradang dengan es batu yang dibalut dengan kain, untuk merasakan manfaatnya.

Es batu akan membantu mengencangkan pembuluh darah, sehingga kemerahan dan peradangan di kulit dapat mereda.

8. Perasan jeruk lemon

Bahan yang satu ini sangat enak menjadi minuman. Selain itu, air jeruk lemon ternyata juga mengandung asam sitrat, yang baik untuk menghilangkan jerawat.

Untuk menghilangkan jerawat menggunakan air jeruk lemon, ambil kapas steril, lalu celupkan ke perasan air jeruk lemon. Setelah itu, usapkan kapas tersebut ke kulit yang berjerawat, dan diamkan semalaman.

Namun, ingat risiko iritasi. Jika kulit terasa perih setelah dioleskan air perasan jeruk lemon, lebih baik jangan dilanjutkan perawatannya dan segeralah berkonsultasi dengan dokter.

9. Minyak kelapa

Selanjutnya adalah minyak kelapa. Bahan oni dipercaya dapat menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang ada di dalamnya, memungkinkan minyak menghancurkan bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi kemerahan serta pembengkakan pada jerawat.

Kamu dapat menggunakan virgin coconut oil, untuk dioleskan ke kulit yang berjerawat.

10. Tea tree oil

Bahan kesepuluh adalah Tea tree oil. Bahan ini sudah banyak menjadi bahan campuran di produk-produk kecantikan penghilang jerawat.

Pasalnya, bahan yang satu ini memiliki sifat antibakteri dan antiperadangan, sehingga dianggap efektif untuk mengempiskan jerawat.

11. Teh hijau

Bahan berikutnya adalah the hijau. Bahan ini mengandung antioksidan polifenol yang dinamakan katekin dalam jumlah banyak.

Sehingga, mengonsumsi maupun menggunakan teh hijau sebagai produk kecantikan, dapat membantu menghilangkan kotoran serta bahan yang bisa menyebabkan kerusakan sel.

12. Putih telur

Walau sering tak dipakai dalam membuat roti, namun putih telor tetap enak rasanya bila digoreng. Selain itu, putih telor ternyata mengandung protein dan vitamin yang dapat membantu mengencangkan dan mengeluarkan minyak dari kulit.Hal ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori, dan membantu meredakan peradangan di kulit akibat jerawat.

 13. Kulit jeruk

Kulit jeruk jangan langsung dibuang saat anda makan buahnya. Selain meredakan jerawat, kulit jeruk ternyata juga dapat memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.

Kulit jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan, yang baik untuk regenerasi sel kulit.

Untuk menggunakannya, parut kulit jeruk lalu haluskan dengan air, hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan ke kulit dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air.

14. Olahraga teratur

Tips berikutnya adalah olahraga yang teratur. Olahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah.

Olahraga juga dapat meningkatnya aliran darah, akan membantu memelihara sel kulit agar tetap sehat, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkannya.

15. Banyak minum air putih

Tips terakhir menghilangkan jerawat adalah dengan mengonsumsi cukup air putih perlu dilakukan bagi yang sedang berjerawat.

Sebab, cairan yang cukup akan membantu proses penyembuhan di kulit berjalan lebih cepat, dan mengurangi risiko munculnya jerawat baru.

Jika kulit sampai kering karena kekurangan cairan, maka kulit akan mudah iritasi, sehingga jerawat pun akan lebih mudah muncul.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto