Netral English Netral Mandarin
01:26wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan hanya membuka akses enam pintu masuk kedatangan perjalanan internasional untuk WNI. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan ada kemungkinan turis mancanegara bisa kembali mengunjungi Indonesia pada 2022 mendatang.
Jangan Sembarangan Minum Obat Terapi COVID-19, Tanpa Petunjuk Ini Bisa Jadi Racun

Senin, 12-Juli-2021 09:18

Ilustrasi obat terapi COVID-19.
Foto : bumn.go.id
Ilustrasi obat terapi COVID-19.
22

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Kesehatan menyampaikan imbauan penting kepada seluruh anggota masyarakat terkait penggunaan obat-obatan terapi COVID-19 yang dijual di apotik.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan drg. Arianti Anaya, sebelum membeli obat-obatan terapi COVID-19 itu, wajib berkonsultasi dulu dengan dokter.

“Semua obat-obatan terapi COVID-19 harus dibeli dengan menggunakan resep dokter karena obat tersebut mempunyai risiko kalau digunakan tidak sesuai resep dokter maka obat ini akan menjadi racun, bukan malah mengobati. Itu yang harus dipahami oleh para masyarakat,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip, Senin (12/7/2021).

Ia juga mengimbau para industri agar membantu pemerintah menanggulangi kondisi pandemi COVID-19 saat ini, mengingat lonjakan kasus yang cukup tinggi. Ia juga menekankan agar tidak ada penimbunan obat yang dapat merugikan masyarakat.

“Nanti kita juga bekerja sama dengan aparat agar tidak ada penimbunan-penimbunan obat. Kami ingatkan bahwa masyarakat berhak untuk mendapatkan pelayanan terapi COVID-19 yang sebaik-baiknya,” tegas drg. Arianti.

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP