3
Netral English Netral Mandarin
17:52 wib
Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri dugaan korupsi Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dalam sejumlah proyek infrastruktur lainnya di Sulsel. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan program vaksinasi mandiri atau gotong royong tidak ditujukan untuk komersil.
Jeff Bezos Mengundurkan Diri Sebagai CEO Amazon, Ini Sosok Penggantinya

Rabu, 03-Februari-2021 15:45

Jeff Bezos, Pendiri Amazon
Foto : Winknews
Jeff Bezos, Pendiri Amazon
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pendiri Amazon Jeff Bezos mengundurkan diri sebagai CEO raksasa e-commerce itu, kata perusahaan itu dalam sebuah pengumuman mengejutkan pada hari Selasa (03/02).

Bezos sendiri akan beralih sebagai ketua eksekutif dewan Amazon selama kuartal fiskal ketiga perusahaan tersebut. Namun, perusahaan sendiri tidak memberikan tanggal pasti untuk perubahan tersebut.

Sementara itu, Andy Jassy, ​​yang saat ini menjabat sebagai CEO cloud Amazon akan menggantikan Bezos sebagai CEO. Dia memulai karirnya di departemen pemasaran Amazon pada tahun 1997.

Bezos memuji inovasi Amazon dalam sebuah pernyataan yang menjelaskan alasan dia keluar.

“Amazon adalah apa adanya karena penemuan. Kami melakukan hal-hal gila bersama dan kemudian menjadikannya normal. Kami memelopori ulasan pelanggan, 1-Klik, rekomendasi yang dipersonalisasi, pengiriman Prime yang sangat cepat, belanja Just Walk Out, Climate Pledge, Kindle, Alexa, marketplace, infrastruktur cloud computing, Career Choice, dan banyak lagi, "kata Bezos.

“Jika Anda melakukannya dengan benar, beberapa tahun setelah penemuan yang mengejutkan, hal baru menjadi normal. Orang-orang hanya menarik napas” tambahnya.

"Menarik napas itu adalah pujian terbesar yang bisa diterima seorang penemu. Saat Anda melihat hasil keuangan kami, apa yang sebenarnya Anda lihat adalah hasil kumulatif jangka panjang dari penemuan. Saat ini saya melihat Amazon dalam kondisi paling inventifnya, menjadikannya waktu yang optimal untuk transisi ini. "

Amazon mengumumkan kepergian Bezos yang akan datang bersamaan dengan hasil pendapatan kuartal keempatnya. Perusahaan itu menghasilkan rekor pendapatan $ 386,1 miliar pada tahun fiskal 2020 karena pembeli rumahan beralih ke opsi digital selama pandemi virus corona. Penjualan naik 38 persen dibandingkan tahun 2019.

Bezos adalah orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih pribadi $ 196,5 miliar, menurut majalah Forbes. Selain karyanya dengan Amazon, Bezos adalah pendiri Blue Origin, sebuah perusahaan eksplorasi luar angkasa swasta.

Bezos mendirikan Amazon pada tahun 1994 setelah membaca tentang tingkat pertumbuhan internet yang luar biasa. Bezos mulai mencari cara untuk membangun bisnis yang berfokus pada digital untuk memanfaatkan tren.

"Itu adalah peringatan," kata Bezos kepada Majalah Time tahun 1999. "Saya mulai berpikir, oke, peluang bisnis apa yang mungkin ada di sini?"

Bezos pindah ke Seattle dan meluncurkan situs Amazon pertama pada tahun 1995. Awalnya, situs tersebut berfungsi sebagai pasar buku digital tetapi dengan cepat berkembang ke segmen lain. Amazon Go Public pada tahun 1997 dan menghasilkan keuntungan setahun penuh pertamanya pada tahun 2003.

Di bawah pengawasan Bezos, Amazon mengakuisisi jaringan toko kelontong Whole Foods dan perusahaan rumah pintar Ring. Perusahaan juga meluncurkan Amazon Prime, paket langganannya yang menawarkan sejumlah layanan, termasuk pengiriman satu hari dan platform streaming Prime Video.

Amazon adalah salah satu perusahaan paling berharga di dunia, dengan kapitalisasi pasar $ 1,7 triliun pada minggu ini. Bezos tetap menjadi pemegang saham individu terbesar Amazon, demikian diberitakan Fox News.

Reporter : Tommy
Editor : Tommy Satria