Netral English Netral Mandarin
banner paskah
21:21wib
Indonesia Corruption Watch menilai pengelolaan internal Komisi Pemberantasan Korupsi sudah bobrok. Kapal selam KRI Nenggala-402 yang hilang kontak saat melakukan latihan di perairan Bali karam di kedalaman 600-700 meter.
Jelajah 10 Wisata di Depok, Banyak yang Gratis!

Kamis, 04-Maret-2021 15:30

Situ Rawa Besar Lio di Depok Jawa Barat.
Foto : depok.go.id
Situ Rawa Besar Lio di Depok Jawa Barat.
35

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kota Depok adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat. Kota ini terletak tepat di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta dan Bogor. Dahulu Depok adalah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bogor, yang kemudian mendapat status kota pada tanggal 27 April 1999.

Siapa sangka, di kota tersebut ternyata memiliki banyak wisata yang bisa menjadi alternatif pilihan liburan atau jalan-jalan sejenak bersama keluarga. Tidak usah takut kantong Anda jebol karena lokasi wisatanya mudah diakses dan banyak yang gratis. 

Berikut 10 wisata di Kota Depok yang bisa menjadi rekomendasi perjalanan Anda bersama dengan keluarga.

1. Wisata Alam Kampung 99 Pepohonan

Wisata Kota Depok yang satu ini berlokasi di Jalan KH Muhasan II, Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat. Anda tidak perlu khawatir akan tersesat, pasalnya wisata satu ini mudah diakses lokasinya melalui aplikasi penunjuk arah.

Wisata yang satu ini amat cocok untuk Anda yang ingin sejenak mencari suasana tenang. Di wisata ini Anda bisa merasakan damai dan sejuk, tepat untuk melepas penat setelah beraktivitas seharian selama seminggu.

Kampung 99 Pepohonan ini merupakan tempat hunian sekaligus rekreasi yang berkonsep menyatu dengan alam. Wisatawan bisa datang dengan anak-anak kecil yang akan menyukai lingkungan.

2. Masjid Kubah Mas

Di Kota Depok, Anda juga bisa melakukan wisata religi ke Masjid Kubah Emas atau Masjid Dian Al Mahri. Masjid ini amat terkenal dan menjadi Masjid kebanggaan kota Depok. 

Uniknya, kubah masjid ini mengacu pada kubah masjid-masjid di Persia dan India dengan balutan mozaik yang berlapiskan emas serta. Konon, materialnya didatangkan langsung dari Negara Italia.

Masjid menawan ini juga menjadi daya tarik wisatawan yang datang untuk melaksanakan Shalat atau sekadar melihat bangunan masjid yang megah. 

3. Godong Ijo

Tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi adalah Godong Ijo Depok. Wisata Depok ini rasanya sayang bila Anda lewatkan bersama keluarga, karena memiliki daya tarik.

Di Godong Ijo, Anda bisa menemui wahana dengan luas sekitar 2.5 HA dan menjadi tujuan wisata keluarga terutama yang masih berusia anak-anak. Anda bisa beraktivitas dengan pembibitan tanaman dan adanya fasilitas lapangan yang luas tentu cukup untuk arena bermain anak kecil. 

Selain itu ada juga Botanical Cafe yang terkenal akan kelezatannya serta memiliki variasi menu yang handal. Jadi Anda dan keluarga tidak perlu merasa khawatir apabila lapar atau haus saat tengah berwisata.

4. Situ Asih Pulo

Apakah Anda pernah mendengar Situ Asih Pulo? Apabila belum pernah mendengar, wisata ini adalah salah satu destinasi favorit di Kota Depok lho. Salah satu daya tarik, karena lingkungan sekitarnya terlihat asri. 

Anda dapat sejenak mencuci mata dengan pemandangan berbagai pepohonan hijau serta taman bunga yang bermekaran. Selain itu, udara lahan konservasi ini juga terbilang bersih dan sejuk.

Wisata Depok yang satu ini menawarkan panorama alam yang cukup instagramable. Salah satunya adalah spot danau yang memiliki kedalaman sekitar 2 Meter. Anda bisa kenaiki perahu hingga memancing.

5. Agrowisata Belimbing Dewa

Objek Wisata di Depok lainnya adalah Agrowisata Belimbing Dewa Depok. Dari sinilah, Kota Depok dikenal sebagai penghasil belimbing terbesar di Indonesia. 

Anda bisa menemukan agrowisata belimbing yang sudah cukup terkenal.

Pengunjung bisa berkeliling di tempat wisata ini dengan para petani.

Anda dan keluarga bisa dimanjakan dengan adanya buah belimbing dan kita bisa memetiknya langsung dari pohonnya. Pastinya agrowisata ini cocok juga dijadikan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak Anda.

6. Situ Rawa Besar Lio

Ada lagi wisata Depok yang bernama Situ Rawa Besar Lio yang dekat dari Kantor Walikota Depok. Di wisata ini, Anda bisa menemukan danau dan pepohonan hijau.

Luas danaunya sendiri kurang lebih 13 Hektar dan dikelilingi oleh pepohonan. Paduan alamnya sangat memanjakan mata, cocok sebagai tempat melepas rasa penat setelah seminggu beraktivitas.

Menariknya, terdapat sebuah dermaga yang biasanya menjadi pusat perhatian para pengunjung yang datang. Dermaga tersebut disambungkan oleh jembatan apung yang membelah Situ Rawa Besar Lio. 

7. Hutan Kota Depok

Percaya tidak, di Kota Depok ternyata ada hutannya lho. Namanya adalah Hutan Kota Depok. Ya, Anda dan keluarga tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati kesegaran alam di kota ini. 

Wisatawan bisa mampir ke Hutan Kota Depok yang diketahui menjadi alternatif liburan bersama keluarga. Ada sebuah danau yang cocok digunakan untuk memancing, tempat duduk untuk beristirahat dan pemandangan untuk mencuci mata Anda yang jenuh melihat angkutan kota.

Diketahui, wisata ini merupakan awasan hutan yang difungsikan untuk konservasi satwa. Selain itu, di wisata ini juga ada aneka vegetasi yang bisa menjadi sarana edukasi bagi anak yang menyenangkan.

8. Alun-alun Kota Depok

Ada juga wisata rekomendasi yang bisa Anda dan keluarga datangi. Namanya adalah Alun-alun Kota Depok, dengan parkiran yang luas dan wahana yang beragam. 

Apabila datang ke wisata yang satu ini disarankan saat hari tengah cerah. Anda bisa berkeliling alun-alun untuk sekedar berolah raga atau menikmati sore hari. 

Fasilitasnya juga lengkap, ada toilet, lapangan, panjat tebing, wahana permainan anak, lokasi bersepeda dan main skate board. Anda juga bisa naik ke menara pandang dan melihat keindahan Kota Depok dan pepohonan hijau yang sejuk.

9. Setu Pengasinan 

Wisata lainnya yang bisa Anda datangi adalah Setu Pengasinan Depok. Wisata ini merupakan danau dengna luas enam Hektar dan memiliki banyak fasilitas umum yang terbilang cukup lengkap. 

Anda gemar memancing? Bisa datang le wisata ini dan menemukan berbagai ikan seperti ikan lele, gurame, ikan mujaer, ikan mas dan masih banyak lagi.

Perlu dicatat, pihak pengelola wisata danau ini tidak menyediakan tempat sewa peralatan memancing, jadi Anda harus mempersiapkannya sendiri dari rumah. Ajak juga serta anak-anak Anda untuk melatih kesabaran dan memperkenalkan keseruan memancing bersama keluarga.

10. Taman Bunga Wiladatika

Rekomendasi wisata lainnya adalah Taman Bunga Wiladatika. Lokasi tepatnya berada di jalan Jambore 1 Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Wisata ini cocok digunakan untuk piknik bersama keluarga ataupun sekadar bersantai. Anda juga bisa menikmati dan menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan. Di antaranya kolam air mancur, taman bermain anak, taman buatan hingga air terjun buatan. 

Sebagai wisata oudoor, tentu paling cocok datang saat hari cerah. Anda bisa datang pagi hari sambil berolahraga, atau sore hari untuk kenikmati keindahan alam bersama keluarga.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP