3
Netral English Netral Mandarin
10:23 wib
Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri dugaan korupsi Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dalam sejumlah proyek infrastruktur lainnya di Sulsel. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan program vaksinasi mandiri atau gotong royong tidak ditujukan untuk komersil.
Jelang Imlek, Ini yang Dilakukan Presiden Xi Jinping

Selasa, 02-Februari-2021 20:51

Presiden China, Xi Jinping.
Foto : Istimewa
Presiden China, Xi Jinping.
0

BEIJING, NETRALNEWS.COM - Menjelang musim liburan Tahun Baru Imlek, Presiden China Xi Jinping mengumpulkan elemen dan tokoh masyarakat yang bukan pengurus dan anggota Partai Komunis setempat (CPC).

Dengan mengatasnamakan Komite Sentral CPC, Xi yang juga Sekretaris Jenderal CPC itu menyampaikan selamat Tahun Baru Imlek kepada para tamunya yang ditemui di Balai Agung Rakyat China di kawasan Tian'anmen, Beijing, pada Senin (1/2/2021). 

Tahun 2020 merupakan tahun yang luar biasa dalam sejarah China Baru dengan menghadapi situasi dan tugas yang berat, rumit, penuh tantangan, dan risiko di luar dugaan, demikian Xi dikutip media setempat, Selasa, (2/2/2021). 

Meskipun demikian, lanjut dia, jajaran Komite Sentral, CPC, dan masyarakat China tetap bersatu menghadapi kesulitan sehingga China meraih pencapaian strategis dalam mengatasi COVID-19 dan mendapatkan pertumbuhan ekonomi secara positif.

"Prestasi ini kami capai berkat kepemimpinan Partai yang kuat, persatuan yang teguh, dan kerja keras rakyat China dari semua kelompok etnis, termasuk anggota partai politik lain, ACFIC (Federasi Industri dan Perdagangan China), dan tokoh masyarakat yang tidak berafiliasi dengan partai," ujar Xi yang juga Ketua Komisi Militer (CMC) itu.

Dia menekankan bahwa tahun 2021 menandai dimulainya Rencana Lima Tahunan dalam membangun negara sosialis modern.

Ia juga meminta elemen masyarakat non-CPC menyumbangkan saran dalam merealisasikan negara sosialis modern tersebut.

Dia juga meminta mereka tetap menjaga sikap politik dan bekerja sama dengan CPC demi terwujudnya cita-cota bersama.

Dalam pertemuan itu, Xi didampingi oleh Ketua Majelis Konsultasi Politik China (semacam MPR) Wang Yang dan Wakil Perdana Menteri Han Zheng. Keduanya merupakan anggota Komite Tetap Biro Politik CPC.

Pertemuan tersebut juga digelar menjelang sidang tahunan Kongres Rakyat Nasional (NPC) pada Maret mendatang.

CPC merupakan partai berkuasa di China sejak berdirinya RRC pada 1949.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sesmawati