Netral English Netral Mandarin
16:03wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
Jelang Sidang, DS Ungkap Munarman adalah Panglima Perang HRS yang Hilang Gagahnya gegara Ini

Jumat, 10-September-2021 08:22

Denny Siregar dan Munarman
Foto : Kolase Netralnews
Denny Siregar dan Munarman
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menjelang proses sidang terhadap Munarman, Denny Siregar mencuit tentang sosok Munarman yang ia sebut sebagai panglima perang bagi Habib Rizieq Shihab.

“Jelang pengadilan Munarman, hoax mulai bertebaran di medsos,” kata Demnny Siregar, Kamis malam 9 September 2021. 

“Munarman itu panglima perang Rizieq. Elite squadnya FPI. Anak buahnya yg bentrok di KM 50 dgn polisi. Cuman sayang, udah gagah begitu, pas ditangkep sibuk nyari sandal. Ilang deh gagahnya,” imbuhnya.

Sementara sebelumnya diberitakan, Eks Imam Besar FPI, Muhammad Rizieq Shihab atau yang akrab disapa Habib Rizieq dikabarkan bongkar jenderal di balik kasus Munarman.

Dalam informasi itu, disebutkan bahwa Habib Rizieq bersuara lantang ungkapkan ada jenderal di balik kasusnya.

Informasi terkait Habib Rizieq dan Munarman itu beredar setelah kanal YouTube Pena Istana mengunggah video berjudul, "BERITA HARI INI~. KpK" pada 5 September 2021.

Baca Juga: BI Ngaku Tak Minta, IMF Transfer Rp90 Triliun, Netizen: Jebakan Pinjol Internasional

Hingga saat artikel ini ditulis, video tersebut sudah ditonton sebanyak 5.823 kali dan disukai 72 kali.

Pada thumbnail video, terlihat sosok berpakaian serba putih yang diklaim sebagai Habib Rizieq tengah berbisik dengan sosok mirip Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"RAHASIA BESAR BOCOR

DARAMA KASUS MUNARMAN

SUARA LANTANG RIZIEQ, ADA JENDRAL DIBALIK KASUSNYA," tulis narasi pada thumbnail video tersebut, dikutip SeputarTangsel.com dari kanal YouTube Pena Istana pada Kamis, 9 September 2021.

Namun setelah ditelusuri, klaim yang mengatakan bahwa Habib Rizieq bongkar ada jenderal di balik kasus eks Petinggi FPI, Munarman adalah tidak benar.

Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid terkait hal tersebut.

Di dalam video berdurasi 10 menit 5 detik itu tidak terkandung informasi ataupun narasi seperti apa yang diklaim pada judul.

Video tersebut hanya berisi cuplikan penangkapan Munarman terkait dugaan kasus terorisme beberapa waktu lalu.

Selain itu, foto yang digunakan pada thumbnail video merupakan hasil editan atau suntingan.

Berdasarkan analisa di atas, maka dapat disimpulkan bahwa klaim yang beredar adalah hoaks.

seperi dinukil Pikiran Rakyat, ideo yang diunggah oleh kanal YouTube Pena Istana termasuk ke dalam hoaks jenis fabricated content, di mana 100 persen isinya tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Nazaruli