3
Netral English Netral Mandarin
00:56 wib
Tercatat sebanyak 21,5 juta orang lansia akan mengikuti program vaksinasi Covid-19. Ada dua mekanisme vaksinasi Covid-19 pada lansia. BMKG memperingatkan sejumlah daerah di Jawa Barat yang berpotensi banjir atau banjir bandang dengan status siaga dan waspada mulai 24-25 Februari 2021.
Jembatan Termanu, Sudah Rusak Berat Tak Juga Dilirik Pemerintah, Wilayah Kabupaten Kupang Ini Terisolir 

Selasa, 16-Februari-2021 15:15

Jembatan Termanu di Kupang.
Foto : suaraamfoang.com
Jembatan Termanu di Kupang.
0

KUPANG,NETRALNEWS.COM - Akses transportasi darat yang menghubungkan wilayah Fatuleu Barat dengan Amfoang Barat Daya, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, putus total karena  Jembatan Termanu yang sudah rusak berat tidak dapat dilintasi kendaraan umum.

"Kondisi Jembatan Termanu yang menjadi sarana vital untuk akses transportasi ke wilayah Amfoang sudah rusak berat sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan umum karena sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan," kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Setda Kabupaten Kupang, Martha Para Ede ketika dihubungi di Kupang, Selasa (16/2/2021).

Martha mengatakan hal itu terkait hasil pertemuan warga Amfoang dengan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe terkait kondisi akses transportasi darat ke Amfoang setelah Jembatan Termanu tidak dapat dilintasi kendaraan.

Menurut Martha, kondisi Jembatan Termanu yang dibangun Pemerintah Provinsi NTT itu rusak serta beberapa bagian jembatan sudah renggang sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan.

"Dalam kondisi cuaca buruk seperti saat ini akses transportasi darat ke Amfoang putus total karena Jembatan Termanu sudah tidak bisa dilintasi kendaraan yang menyebabkan daerah Amfoang Barat Daya menjadi terisolir," tegasnya.

Menurut dia, masyarakat Amfoang harus melintasi jalur tengah Amfoang apabila hendak ke Kota Kupang, namun dengan waktu tempuh yang lama.

Martha mengatakan pemerintah NTT dan Kabupaten Kupang sedang memperjuangkan untuk mendapatkan alokasi anggaran dari pusat untuk memperbaiki jembatan Termanu.

"Apabila sudah diperbaiki maka akses transportasi darat melalui jalur Amfoang Barat Daya sudah bisa kembali berjalan normal. Mudah-mudahan tahun 2021 ada alokasi anggaran untuk perbaikan Jembatan Termanu," kata Martha, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, selain melalui jalur tengah, akses transportasi menuju wilayah Amfoang yang berbatasan dengan wilayah Oecusse Timor Leste bisa dilakukan melalui laut.

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP