Netral English Netral Mandarin
20:04 wib
Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 yang dilaporkan melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19 per Minggu (17/1) pukul 12.00 WIB bertambah 11.287. Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih gelar juara turnamen Yonex Thailand Open 2021 setelah menyingkirkan pasangan tuan rumah.
Jika Ahok dan Raffi Diproses Hukum, Tamu Acara HRS di Petamburan Juga Diproses?

Kamis, 14-January-2021 23:00

Ferdinand Hutahaean.
Foto : Demokrasi
Ferdinand Hutahaean.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengomentari pernyataan pihak Habib Rizieq Shihab (HRS) yang meminta Raffi Ahmad dan Basuki Tjahaja Purnama (BTP/Ahok) juga diproses hukum karena ikut dalam kerumunan di sebuah acara dengan tidak menerapkan protokol kesehatan.

Ferdinand mengatakan, Ahok dan Raffi adalah tamu undangan di acara tersebut sehingga mereka tidak bisa disamakan dengan kasus kerumunan yang menjerat HRS.

Menurutnya, status Raffi dan Ahok sama seperti tamu undangan yang hadir dalam acara yang digelar di kediaman Habib Rizieq di Petamburan pada November 2020 lalu, di mana para tamu undangan itu tidak diproses hukum.



Diketahui, Habib Rizieq menjadi tersangka dan ditahan karena kasus dugaan penghasutan dan kerumunan terkait acara pernikahan putrinya dan peringatan Maulid Nabi di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat pada November 2020 lalu.

"Raffi dan Ahok adalah undangan dalam acara itu. Status mereka sama dengan para tamu undangan yang hadir di Petamburan. Apakah tamu dan undangan Petamburan juga diproses hukum? Kan tidak," tulis Ferdinand di akun Twitter-nya, Kamis (14/1/2021).

Karena itu, Ferdinand menegaskan bahwa yang diproses hukum adalah pihak yang mengundang/penyelenggara serta yang menghasut, bukan tamu undangan.

"Yang diproses hukum adalah yang membuat kerumunan terjadi, yang mengundang atau menghasut," cuit @FerdinandHaean3.

Sebelumnya diberitakan, nama Ahok, Raffi Ahmad dan sejumlah artis menjadi buah bibir netizen setelah beredar foto dan video mereka tengah berkumpul di sebuah pesta dengan tidak menerapkan protokol kesehatan, seperti tak menjaga jarak hingga tanpa masker. 

Belakangan diketahui jika pesta yang dihadiri Ahok dan Raffi Ahmad cs merupakan acara ulang tahun bos KFC Indonesia, Ricardo Gelael. Acara tersebut digelar di kediaman Ricardo di kawasan Mampang, Jakarta Selatan pada Rabu (13/1/2021) malam.

Mengomentari hal itu, Kuasa Hukum Habib RizieqShihab, Aziz Yanuar meminta pemerintah bersikap adil dengan proses hukum Raffi Ahmad cs seperti yang terjadi dengan Habib Rizieq Shihab.

"Harusnya hukum berlaku sama baik untuk HRS dan warga negara lain, untuk buktikan Indonesia negara hukum. Bukan negara kesewenang-wenangan," kata Aziz saat dihubungi, Kamis (14/1/2021).

 

Menurut Aziz, pihak aparat berwenang hingga saat ini belum menunjukkan aksi untuk menindak kerumunan Raffi Ahmad, hanya melalui teguran saja. "Ini penegakan hukum diskriminatif dan tak berkeadilan nyata terang benderang," tegasnya.

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani