Netral English Netral Mandarin
00:49 wib
Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid berencana melaporkan seorang peramal, Mbak You, terkait ramalan Jokowi lengser dari jabatan presiden pada 2021. Peneliti menyatakan varian baru virus corona SARS-CoV-2 yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan (Afsel) tidak mempengaruhi kerja vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech.
Komjen Listyo Sigit Dipilih Jokowi untuk Jadi Kapolri? DPR Masih Tunggu Surpres

Senin, 11-January-2021 17:40

Kabareskrim, Konjem Listyo Sigit Prabowo, calon Kapolri.
Foto : Istimewa
Kabareskrim, Konjem Listyo Sigit Prabowo, calon Kapolri.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut telah menetapkan satu dari lima jenderal polisi yang diajukan Kompolnas untuk menjadi calon Kapolri. 

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis akan segera memasuki masa pensiun. Dikutip dari merdeka.com, seorang sumber di kalangan parlemen mengungkapkan bahwa Jokowi dikabarkan telah menunjuk Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo untuk ikut fit and proper test Kapolri di DPR.

Berdasarkan keterangan sumber yang merupakan anggota partai penguasa di parlemen itu, Jokowi memang belum mengirimkan Surat Presiden (Surpres) terkait nama tunggal calon Kapolri yang akan mengikuti seleksi itu.



Menurutnya, surat itu akan dikirim pada Rabu 13 Januari 2020. "Rabu," katanya, singkat.

Senada, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengakui hingga saat ini DPR RI belum menerima Surpres tersebut.

"Sampai hari ini, DPR RI belum menerima surat dari Presiden Jokowi mengenai calon Kapolri," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/1/2021).

Menurutnya, DPR RI dalam posisi menunggu Surpres tersebut dan apabila surat tersebut sudah masuk, maka institusinya akan memproses sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Dasco yakin Presiden Jokowi akan menghitung terkait persyaratan Surpres harus sudah masuk ke DPR sebelum batas waktu Kapolri Jenderal Idham Azis pensiun pada Februari 2020.

"Tentu saja Surpres tersebut akan datang sebelum masa batas waktu jatuh tempo (masa pensiun Idham Azis). Mari kita tunggu saja," ujarnya, seperti dilansir Antara.

Sebagai informasi, Mahfud MD, Menkopolhukam merangkap Ketua Kompolnas menyatakan telah mengirimkan lima nama jenderal bintang tiga untuk dipilih Jokowi menjadi calon Kapolri.

Lima nama tersebut yakni, Komjen Pol Gatot Eddy Purnomo, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Komjen Pol Boy Rafli Amar, Komjen Pol Arief Sulistyanto, Komjen Pol Agus Andrianto.

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP