Netral English Netral Mandarin
05:14 wib
Kementerian Kesehatan menegaskan, hampir tak mungkin seseorang yang divaksin Sinovac terinfeksi virus corona karena vaksin. Sebab, vaksin tersebut berisi virus mati. Indonesia menempatkan tiga wakilnya pada babak perempat final Toyota Thailand Open 2021 yang akan berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Jumat (22/1).
Jokowi Disuntik Vaksin Corona Pertama, Ruhut: Selamat untuk Pak Jokowi, Semoga Pandemi Cepat Berlalu

Rabu, 13-January-2021 15:30

Ruhut Sitompul kasih ucapkan selamat kepada Jokowi yang baru divaksinasi.
Foto : Twitter
Ruhut Sitompul kasih ucapkan selamat kepada Jokowi yang baru divaksinasi.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Politisi Ruhut Sitompul memuji langkah Presiden Joko Widodo untuk disuntik vaksin Covid-19 pertama kali guna meyakinkan masyarakat bahwa vaksin buatan Sinovac dari Cina sangat aman. Ruhut juga berharap dengan dimulainya vaksinasi Covid-19 ini, pandemi segera berlalu dari Indonesia.

“Terima kasih Tuhan, telah mengirim Kami Pemimpin yang Sangat Arif dan Bijaksana telah siaaaaaaap di Suntik Vaksin yang pertama. Selamat untuk Presiden RI ke 7 Bpk Joko Widodo semoga Pandemi COVID-19 cepat berlalu MERDEKA,” tulis Ruhut di akun Twitternya, Rabu (13/1/2021).

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menerima suntikan dosis pertama vaksin virus corona (SARS-CoV-2), Rabu (13/1). Penyuntikan vaksin dilakukan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Penyuntikan perdana terhadap Jokowi dengan vaksin Covid-19 CoronaVac buatan perusahaan asal China, Sinovac ini menandai program vaksinasi di Indonesia.



Penyuntikan vaksin terhadap Jokowi dilakukan oleh Tim Dokter Kepresidenan. Dari pantauan netralnews, Jokowi disuntik di bagian lengan kiri.

Sebelum penyuntikan Jokowi tampak berkonsultasi mengenai kondisi kesehatannya secara umum. Tim dokter kepresidenan juga menunjukkan kotak vaksin bertulis Sinovac sebelum menyuntikkan vaksin ke Jokowi.

Selanjutnya setelah Jokowi, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju turut diberikan suntikan dosis pertama vaksin Sinovac. Kendati begitu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak ikut disuntik vaksin, karena faktor usia.

Sebelumnya, BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin Sinovac.

Kepala BPOM Penny K. Lukito memastikan vaksin Covid-19 Sinovac aman digunakan. Menurutnya, efek samping yang ditimbulkan bersifat ringan hingga sedang.

Efek samping bersifat lokal di antaranya berupa nyeri, iritasi, pembengkakan. Sementara efek samping sistemik, berupa nyeri otot, fetik, dan demam.

Sedangkan frekuensi efek samping dengan derajat berat, sakit kepala, gangguan di kulit atau diare yang dilaporkan hanya 0,1 sampai dengan 1 persen. Efek samping tersebut bukan efek samping yang berbahaya dan dapat pulih kembali.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa halal untuk penggunaan vaksin Sinovac.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani