Netral English Netral Mandarin
08:04wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Jokowi Pakai Baju Adat Baduy, Ridwan Kamil: Dalam Kesederhanaan Terkandung Keluhuran dan Kekuatan

Selasa, 17-Agustus-2021 06:45

Ridwan Kamil
Foto : Istimewa
Ridwan Kamil
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju adat suku Baduy saat Pidato Kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/08/2021).

Pemakaian baju adat suku Baduy oleh Presiden Jokowi itu menjadi perbincangan hangat netizen di media sosial. Bahkan sempat menjadi trending topic di Twitter kemarin.

Pujian dan ucapan terima kasih disampaikan banyak pihak kepada Presiden Jokowi, salah satunya datang dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden @jokowi yang berkenan memakai baju adat iket-pangsi budaya Sunda Baduy dalam pidato kenegaraan di sidang paripurna MPR/DPR/DPD dalam rangka hari kemerdekaan RI ke-76," tulis Ridwan Kamil di akun Twitternya, Senin (16/8/2021).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu kemudian menjelaskan secara singkat makna dari pakaian adat suku Baduy tersebut.

"Dalam kesederhanaan terkandung keluhuran dan kekuatan," cuit @ridwankamil.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku menyukai pakaian adat Suku Baduy karena desainnya yang sederhana dan nyaman dipakai.

"Busana yang saya pakai ini adalah pakaian adat suku Baduy. Saya suka karena desainnya yang sederhana, simpel dan nyaman dipakai," kata Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2021, Senin (16/8/2021).

Presiden juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua Adat Masyarakat Baduy, Jaro Saija yang telah menyiapkan baju adat tersebut.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Jaro Saijah, Tetua Adat Masyarakat Badui yang telah menyiapkan baju adat ini,” ujarnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P