Netral English Netral Mandarin
06:57wib
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan tak mencari Perang Dingin baru dengan China. Sejumlah jaringan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di berbagai daerah menyoroti kasus-kasus dugaan kriminalisasi petani jelang Hari Tani Nasional.
Jokowi Tangani Covid, BIN Klaim Rakyat Puas, Rizal Ramli: Indonesia Serba Ajaib, Intel Merangkap...

Senin, 26-Juli-2021 07:15

Ilustrasi Presiden Jokowi saat kunjungi warga di masa Pandemi
Foto : Istimewa
Ilustrasi Presiden Jokowi saat kunjungi warga di masa Pandemi
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ekonom Rizal Ramli heran dengan pernyataan pihak Badan Inteligen Negara (BIN) yang klaim rakyat puas terhadap penanganan Covid-19. 

“Memang pemerintah Indonesia serba ajaib Disappointed. Tidak ada diseluruh dunia, lembaga intel merangkap dan ‘menyamar’ jadi lembaga polling. Punya jurubicara pulak. Pantas ambyaar..,” kata Rizal Ramli, Minggu malam 26 Juli 2021.

Untuk diketahui, Juru bicara Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Purwanto menyebut, analisa lembaganya menunjukkan masyarakat puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam menangani pandemi Covid-19.

"Mayoritas masyarakat puas terhadap kinerja Presiden dalam menangani wabah Covid-19," ujarnya lewat keterangan tertulis kepada Tempo pada Ahad, 25 Juli 2021. Wawan tidak merinci angka kepuasan publik tersebut.

Menurut Wawan, tingkat kepuasan publik naik atau turun adalah hal biasa dalam politik yang dinamis. Ia mengatakan mereka yang puas dan tidak puas besarannya hampir imbang di daerah yang menjalan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM.

"Di DKI Jakarta, misalnya, yang tidak puas dan yang puas berimbang hampir 50 persen-50 persen. Di Jawa Barat ada 43,7 persen yang tidak puas, Jawa Tengah 40,9 persen dan Jawa Timur 37,9 persen," ujar juru bicara BIN ini.

Sementara itu, hasil sigi Lembaga Survei Indonesia (LSI) justru menunjukkan tren penurunan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden selama pandemi Covid-19. Penurunan itu terjadi selama enam bulan terakhir mulai dari Desember 2020 hingga Juni 2021, dari 68,9 persen menjadi 59,6 persen.

Survei yang dirilis pada 18 Juli 2021 ini menunjukkan tingkat kepercayaan publik kepada Presiden Jokowi dalam penanganan pandemi Covid-19 juga mencapai titik terendah selama empat bulan terakhir, turun dari 56,5 persen menjadi 43 persen.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sesmawati