Netral English Netral Mandarin
20:39wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Kalahkan Spanyol, Prancis Juara UEFA Nations League

Senin, 11-Oktober-2021 05:11

Tim Prancis menjadi juara UEFA Nations League 2021.
Foto : Antara Foto
Tim Prancis menjadi juara UEFA Nations League 2021.
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Prancis berhasil menjadi juara UEFA Nations League 2021 usai menang dramatis 2-1 lawan Spanyol dalam laga final di San Siro, Milan, Italia, Senin (11/10/2021) dini hari WIB.

Spanyol unggul lebih dahulu berkat gol Mikel Oyarzabal, sedangkan Prancis bisa menyamakan kedudukan lewat gol Benzema, sedangkan Kylian Mbappe menjadi pahlawan kemenangan timnya.

Prancis hampir membuka gol ketika laga baru berjalan lima menit. Paul Pogba memberikan umpan terobosan ke Karim Benzema yang menusuk kotak penalti.

Penyerang Real Madrid itu kemudian bisa melewati kiper Spanyol, Unai Simon. Namun, usahanya melepaskan umpan masih bisa dihalau oleh Cesar Azpilicueta.

Setelah itu, Spanyol perlahan-lahan mulai mendominasi penguasaan bola dan dengan sabar membangun serangan dari belakang.

Pada menit ke-12, Spanyol memberikan ancaman. Berawal dari umpan Ferran Torres dari sisi kanan yang bisa dijangkau Pablo Sarabia. 

Meski dikepung pemain Prancis, Sarabia mampu melepaskan tembakan on target yang masih bisa diamankan Hugo Lloris. 

Spanyol mendominasi laga hingga pertengahan babak pertama. Pada menit ke-32, Jules Kounde dianggap melakukan handball di kotak penalti saat berusaha menghalau umpan silang Rodri. Namun, wasit tidak memberikan penalti setelah meninjau VAR.

Pada menit ke-36, La Furia Roja memiliki peluang mencetak gol lewat tendangan bebas Marcos Alonso yang masih melebar dari gawang Hugo Lloris.

Prancis bisa meredam dominasi Spanyol dan skor tetap 0-0 hingga babak pertama berakhir. 

Selepas jeda, Prancis mulai memberikan tekanan kepada Spanyol. Namun, lini belakang tim asuhan Luis Enrique tersebut tampil solid dan bisa menggagalkan beberapa peluang berbahaya di awal babak kedua. 

Setelah itu, Spanyol mulai kembali mendominasi penguasaan bola. 

Pada menit ke-63, Prancis nyaris mencuri gol lewat sebuah serangan balik cepat. Karim Benzema melepaskan umpan silang mendatar dari sisi kiri yang mampu disambar oleh Theo Hernandez. Sayang, bola masih menghantam tiang gawang. 

Satu menit berselang, Spanyol akhirnya bisa memecahkan kebuntuan. Umpan panjang Sergio Busquets dari tengah lapangan diterima Mikel Oyarzabal, yang memenangi duel dengan Dayot Upamecano dan melaju ke kotak penalti.

Dia kemudian melepaskan tendangan yang tidak bisa dihentikan Lloris. Spanyol unggul 1-0.

Keunggulan Spanyol hanya bertahan sampai menit ke-66 setelah Benzema mencetak gol indah lewat sepakan melengkung dari sisi kiri kotak penalti yang tidak bisa dijangkau Simon. Kedudukan menjadi 1-1. 

Laga kemudian berjalan sengit setelah kedua tim saling bertukar serangan. 

Pada menit ke-71, Mbappe mendapatkan ruang di kotak penalti untuk membobol gawang Spanyol. Sayang, tembakan pemain PSG itu masih lemah hingga mudah ditangkap Simon. 

Mbappe akhirnya membobol gawang Simon pada menit ke-80. Theo Hernandez memberikan umpan terobosan kepada  Mbappe yang bebas dari jebakan offside.

Berhadapan satu lawan satu dengan Simon, Mbappe kemudian melakukan satu step-over sebelum melepaskan tembakan yang meluncur ke gawang Spanyol. Prancis berbalik unggul 2-1. 

Setelah gol itu, Spanyol menekan Prancis demi mencetak gol penyama kedudukan.

Oyarzabal mendapat peluang pada menit ke-86 lewat tendangan volinya, tetapi Lloris melakukan penyelamatan yang brilian.

Lloris kembali melakukan penyelamatan penting pada menit-menit akhir. Kiper Tottenham itu dapat membendung sepakan keras Yeremi Pino dari kemelut akibat sepak pojok. 

Prancis menutup laga dengan kemenangan 2-1 dan dinobatkan sebagai juara UEFA Nations League 2021. 

Susunan Pemain:

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Marcos Alonso; Pablo Gaviria (Koke 74'), Sergio Busquets, Rodrigo (Pablo Fornals 85'); Ferran Torres(Mikel Merino 85'), Pablo Sarabia (Yeremi Pino 61'), Mikel Oyarzabal. 

Prancis (3-4-1-2): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane (Dayot Upamecano 43'), Presnel Kimpembe; Benjamin Pavard (Leo Dubois 79'), Paul Pogba, Aurelien Tchouameni, Theo Hernandez; Antoine Griezmann (Jordan Veretout 90'); Karim Benzema, Kylian Mbappe.

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian