Netral English Netral Mandarin
13:49wib
TNI Angkatan Udara melayangkan permintaan maaf atas peristiwa kekerasan yang dilakukan dua oknum prajuritnya terhadap warga sipil di Merauke, Papua, Senin. Pemerintah Amerika Serikat kembali mengimbau kepada para penduduk dan pemukim kembali mengenakan masker guna mencegah infeksi virus corona (Covid-19) varian Delta.
Kampanyekan Sport Tourism, Sandiaga Gowes Dari Yogyakarta ke Borobudur

Sabtu, 05-Juni-2021 12:20

Menparekraf Sandiaga Uno dan Rombongan Usai Gowes dari Yogyakarta ke Borobudur
Foto : NETRALNEWS/Adiel Manafe
Menparekraf Sandiaga Uno dan Rombongan Usai Gowes dari Yogyakarta ke Borobudur
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ikut gowes dari Yogyakarta ke Borobudur, Jawa Tengah, dalam acara Hidup Sehat Series Borobudur pada Sabtu (5/6/2021).

Acara ini digelar Citilink Indonesia dan berkolaborasi dengan Kemenparekraf, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga itu bertujuan untuk menumbuhkan geliat pariwisata dan olahraga di Tanah Air.

Dalam kegiatan tersebut, Menparekraf bersama 100 peserta melakukan gowes dengan jarak 55 km mulai dari halaman Hotel Hyatt Yogyakarta menuju Desa Wisata Kembang Arum-Bendungan Bligo Ancol-Candirejo-Tuksongo-Karang Rejo, kemudian berakhir di Manohara Borobudur.

"Ini kita berhasil menyelesaikan track yang cukup menantang, beberapa tanjakan tadi cukup tajam, tapi alhamdulillah kita bisa finish," ujar Sandiaga setibanya di Manohara Borobudur.

Sandiaga mengatakan, kegiatan bersepeda yang dikemas dalam sport tourism (wisata olahraga) ini merupakan trend baru di sektor pariwisata.

"Tentunya ini adalah bagian dari kita melakukan kegiatan yang memadukan sport tourism, wisata dan olahraga, bergaya hidup sehat. Jadi ini adalah trend baru pariwisata kita yang alam terbuka dan juga berolahraga," ucap dia.

Ditambahkan Menparekraf, kegiatan Hidup Sehat Series berupa sport tourism ini menjadi bagian utama dari pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang terdampak pandemi Covid-19.

Oleh karena itu Hidup Sehat Series ini akan menjadi bagian utama dari pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif kita. Bukan hanya tadi kita berolahraga berwisata, tapi juga ada produk ekonomi kreatif," ucap dia.

"Kalau kita lihat medalinya (yang diberikan kepada peserta gowes) merupakan karya pelaku ekonomi kreatif, cakap sekali dan luar biasa. Ini membangkitkan semangat kita," ungkap Sandiaga.

Lebih lanjut, Menparekraf mengapresiasi Citilink atas digelarnya acara Hidup Sehat Series Borobudur. Kegiatan ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya berlangsung di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Maret 2021.

Rencananya, kegiatan serupa akan digelar di Danau Toba, Sumatera Utara, kemudian dilanjutkan di Kupang dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Saya ingin mengapresiasi Citilink. Bahwa sepedahan hidup sehat series ini bermula di Mandalika, sekarang di Borobudur, lanjut ke Danau Toba, setelah itu di Kupang, baru ditutup di Labuan Bajo," pungkas Menparekraf.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani