Netral English Netral Mandarin
07:26wib
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan melaporkan Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan pencemaran nama baik. Bupati Kolaka Timur (Koltim) Andi Merya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK.
Kapan Anda Dinyakan Sembuh dari Covid? Ternyata Bukan dari Tes PCR!

Rabu, 07-Juli-2021 00:00

Tes Swab negatif belum jaminan Anda sembuh dari Covid.
Foto : Antigen
Tes Swab negatif belum jaminan Anda sembuh dari Covid.
15


JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Penilaian kesembuhan Covid pada tiap pasien akan sangat bervariasi karena gejala dan sistem imun tiap orang juga berbeda.

Secara alami, infeksi virus memang bersifat “self limitting disease” artinya pada sistem imun yang “normal”, virus akan segera diinaktivasi oleh antibodi yang terbentuk.

Namun, karena kondisi sistem imun manusia “tidak selalu normal” maka waktu penyembuhan dan pemulihan berbeda-beda bahkan ada yang mengakibatkan keradangan berat dan ada yang tidak serta ada yang menimbulkan “bekas” dan ada yang tidak.

dr RA Adaninggar, SpPD, dalam Instagramnya, Selasa, (6/7/2021), menjelaskan oleh karena itu, sebenarnya kesembuhan Covid tidak bisa hanya dilihat dari hasil swab PCR/antigen yang negatif karena keradangan bisa masih tetap terjadi dan pembersihan virus yang kurang optimal juga masih bisa menularkan karena masih terjadi viral shedding ke lingkungan

“Jadi sembuh itu harus dinilai secara holistik jadi sembuh itu ya secara “klinis” orangnya harus sudah segar, bugar, nafsu makan baik, tidak lemas, gejala sudah membaik. Parameter-parameter objektif seperti penanda keradangan dll harus dalam kondisi normal. Jadi jangan memutuskan sendiri kondisi anda, selalu konsultasikan ke dokter sejak awal termasuk hasil-hasil test Covid yang anda dapat jangan diinterpretasi sendiri,” tandas dr Ningz.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P