Netral English Netral Mandarin
10:29wib
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Minggu 1 Agustus 2021. Seluruh gerai Giant di Indonesia resmi tidak lagi beroperasi di Indonesia mulai hari ini, Minggu (1/8/2021).
Kasus Habib Rizieq Terkait Wacana Jokowi 3 Periode?

Selasa, 22-Juni-2021 22:30

Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin
Foto : Istimewa
Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin ikut mengomentari wacana masa jabatan presiden 3 periode.

Novel mengaitkan wacana tersebut dengan tuntutan 6 tahun penjara terhadap Habib Rizieq Shihab (HRS) dalam kasus tes swab di RS Ummi, Bogor.

Novel menduga, tuntutan itu merupakan upaya membungkam HRS agar tidak mengusik rencana pihak-pihak yang mendorong Joko Widodo (Jokowi) maju di Pilpres 2024 dan menjadi presiden 3 periode.

"Memang saya sudah duga karena ingin memaksakan kehendak sehingga diduga HRS dibungkam sampai 2024 dengan (cara) vonis 4 tahun yaitu 2/3 dari tuntutan jaksa," kata Novel kepada netralnews.com, Senin (21/6/2021).

Pasalnya, menurut Novel, jika Habib Rizieq tidak dijerat kasus dan ditahan seperti sekarang, maka eks pentolan FPI itu pasti lantang menolak keras wacana presiden 3 periode, sebab gagasan tersebut bertentangan dengan konstitusi.

"Iya (pasti HRS menentang keras) karena wacana itu jelas sudah melanggar aturan yang sudah baku, dan tiga periode adalah juga membunuh demokrasi itu sendiri menjadi negara otoritarian," jelas Novel.

Diketahui, wacana masa jabatan presiden 3 periode kembali muncul setelah adanya komunitas relawan bernama Jokowi- Prabowo (JokPro) 2024.

JokPro menyatakan dukungan kepada Jokowi untuk maju kembali di Pilpres 2024 dan berpasangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Komunitas JokPro 2024 menginginkan Jokowi menjabat 3 periode. Untuk mewujudkan hal itu, JokPro akan mendorong amandemen konstitusi yang mengatur masa jabatan presiden maksimal 2 periode.

Presiden Jokowi sendiri telah berkali-kali menyatakan menolak wacana tersebut dan tidak pernah berpikir untuk menjadi presiden selama tiga periode.

Bahkan, Jokowi juga menyebut bahwa orang-orang yang menggulirkan wacana presiden tiga periode itu cari muka, ingin menampar mukanya dan ingin menjerumuskan dia.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati