Netral English Netral Mandarin
08:14 wib
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan vaksinasi COVID-19 kedua kalinya masih dengan vaksin Sinovac yang dilaksanakan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (27/1/2021). Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru. Pelantikan ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.
Kecam Pembantaian di Sigi, PKS: Bertentangan Dengan Pancasila dan Ajaran Agama

Kamis, 03-December-2020 04:00

Istimewa
Foto : Pembantaian Sigi.
Istimewa
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menyampaikan ucapan belasungkawa mendalam terhadap tragedi kemanusiaan di Desa Lembatongoa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada (27/11/2020) lalu. 

"Turut berduka cita mendalam atas tragedi pembunuhan terhadap satu keluarga di Desa Sigi oleh sejumlah orang tak dikenal (OTK), serta pembakaran sejumlah rumah warga, termasuk rumah yang dijadikan pelayanan umat Kristiani," kata Syaikhu dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/12/2020).

Syaikhu mengecam keras tragedi kemanusiaan tersebut, sebab menyakiti dan menciderai nilai kemanusiaan serta mengoyak persatuan bangsa. "Juga bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan ajaran agama apapun," ujarnya. 



Syaikhu juga mendesak aparat penegak hukum untuk segara mengusut secara tuntas tragedi kemanusiaan di Sigi supaya masyarakat tenang dan situasi menjadi kondusif.

"Negara harus selalu hadir dan menjamin rasa aman bagi seluruh rakyat Indonesia. Bukan hanya di Sigi, ke depan negara harus menghentikan upaya kejahatan terhadap kemanusiaan di wilayah-wilayah lainnya," tegas Syaikhu.

Lebih lanjut, pria yang biasa disapa Asyik ini juga mengajak masyarakat Indonesia untuk senantiasa menguatkan kerukunan, memperbanyak silaturahmi dan saling menjaga satu sama lain.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus menjaga kerukunan, perbanyak silaturahmi, dan saling menjaga satu sama lain dari segala upaya kejahatan terhadap kemanusiaan yang akan membuat kekacauan dan menciderai nilai-nilai kemanusiaan," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, empat orang dibantai di Desa Lembontongoa, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah pada Jumat (27/11/2020). Pelaku diduga dari kelompok jaringan teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso pimpinan Ali Kalora. 

Kondisi para korban sangat mengenaskan. Ada korban yang kepalanya ditebas, hingga dibakar. Sebagian keluarga korban berhasil lari menyelamatkan diri ke hutan.

Sejumlah rumah juga dirusak dalam kejadian itu. Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) menyebut salah satu rumah di antaranya difungsikan sebagai tempat ibadah.

Buntut dari aksi teror di Sigi, ada sekitar 150 kepala keluarga yang mengungsi meninggalkan permukiman mereka karena ketakutan pelaku teror akan kembali untuk melakukan pembantaian. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : widi