Netral English Netral Mandarin
10:35wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku siap maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo ingin agar pelaksanaan penyuntikan booster vaksin Covid-19 dilakukan mulai awal 2022.
Kemenko Perekonomian Catatkan Nilai Investasi Pengembangan KEK Lido Capai Rp11,04 Triliun

Kamis, 09-September-2021 20:30

Ilustrasi Kawasan Ekonomi Khusus
Foto : Istimewa
Ilustrasi Kawasan Ekonomi Khusus
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -Pengembangan KEK Lido diharapkan dapat menjadi momentum dari upaya pemulihan pariwisata nasional. Nilai investasi keseluruhan proyek ini sebesar Rp11,04 triliun.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Wahyu Utomo yang hadir mewakili Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam acara Penyerahan Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 2021 tentang KEK MNC Lido City dan Peresmian Pembangunan Lido World Garden di Lido, Bogor, Jawa Barat, mengatakan bahwa pengembangan KEK Lido diharapkan dapat menjadi momentum dari upaya pemulihan pariwisata nasional dan dapat segera merealisasikan penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan groundbreaking KEK Lido dan penandatanganan MoU PT MNC Land Lido dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

"Untuk mendorong penyerapan tenaga kerja lokal, kami mendorong Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk juga memanfaatkan Program Kartu Prakerja yang sudah terbukti sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan pekerja dan calon pekerja untuk memasuki lapangan kerja yang sesuai atau yang tersedia," kata Wahyu Utomo dalam keterangan tertulis, Kamis (9/9/2021).

KEK Lido berlokasi di Lido, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, merupakan KEK Pariwisata dengan area seluas 1.040 hektar. Sesuai dengan komitmen rencana investasi, dalam 20 tahun kedepan akan direalisasikan investasi sebesar Rp32 triliun dan akan menyerap 29.545 orang tenaga kerja.

Nilai investasi keseluruhan proyek ini sebesar Rp11,04 triliun dan merupakan bagian dari rencana investasi pembangunan KEK Lido Tahap I dengan total nilai investasi mencapai Rp14,2 triliun yang sampai saat ini sudah terealisasi sebesar Rp1 triliun.

Dalam tahap I, KEK Lido sedang membangun sejumlah projects seperti Lido Extension, Golf Course, Golf Club, Movieland, Theme Park, Music and Art Center, Infrastruktur dan Sarana Prasarana, serta Lido World Garden.

Kehadiran Theme Park yang akan dibangun di dalam KEK Lido diprediksi akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara hingga mencapai 63,4 juta orang sampai 2038 atau rata-rata 3,17 juta wisatawan per tahun.

Inflow devisa dari wisatawan mancanegara serta penghematan outflow devisa dari wisatawan nusantara dapat mencapai USD4,1 miliar selama 20 tahun."Penetapan KEK Lido diharapkan mampu memberikan nilai lebih bagi Indonesia. Dengan fasilitas yang berstandar internasional dan lokasi yang premium, diharapkan mampu menghadirkan wisatawan dengan segementasi tertentu," pungkas Wahyu. 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sulha Handayani