Netral English Netral Mandarin
09:11wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Kemensos Cairkan Rp 42,9 Miliar Sebagai Tali Asih untuk Tagana

Kamis, 29-Juli-2021 19:24

Taruna Siaga Bencana (Tagana) adalah relawan sosial yang sudah terlatih dalam aktifitas penanggulangan bencana.
Foto : Kemensos
Taruna Siaga Bencana (Tagana) adalah relawan sosial yang sudah terlatih dalam aktifitas penanggulangan bencana.
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Sosial (Kemensos) telah mencairkan tali asih untuk Taruna Siaga Bencana (Tagana) total sebesar Rp42,9 miliar. Tali asih ini ditransfer langsung ke rekening masing-masing melalui salah satu bank pemerintah.

“Tali asih ini diberikan kepada 26.050 orang, mereka adalah Tagana aktif yang diusulkan by name by address (BNBA) oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi dan telah melalui penilaian berjenjang mulai dari Dinas Sosial kabupaten/kota”, kata Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (29/7/2021).

Mensos Risma mengatakan, bahwa Tali asih diberikan kepada Tagana yang aktif. Hal ini dilakukan untuk menghindari Tagana yang terdaftar tetapi tidak  pernah ke lapangan, namun menerima tali asih.

“Masing-masing Tagana mendapatkan tali asih 1.500.000 rupiah untuk enam bulan, ditambah dengan insentif sebesar 150.000 rupiah, jadi totalnya setiap Tagana mendapat 1.650.000 rupiah”, papar Mensos Risma.

Mensos Risma berharap insentif tali asih ini dapat meningkatkan motivasi dan kesiagaan relawan Tagana yang tersebar di seluruh Indonesia dalam memberikan bantuan darurat kepada korban bencana. 

Tagana merupakan relawan sosial yang sudah terlatih atau Tenaga Kesejahteraan Sosial masyarakat yang memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana. Penanggulangan bencana ini meliputi kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat, dan rehabilitasi.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP