Netral English Netral Mandarin
01:24wib
Lebih dari 4.300 orang telah meninggal dunia akibat "jamur hitam" di India yang umumnya menyerang pasien-pasien Covid-19. Gojek, Grab, dan ShopeeFood membantah terlibat dalam seruan aksi demo nasinonal Jokowi End Game yang berlangsung hari ini.
Kemensos Kirim Tim LDP dan Bansos bagi Terdampak Bencana di Cibokor

Kamis, 10-Juni-2021 11:42

Kemensos menyerahkan bantuan berupa beras, mie instan, peralatan mandi, susu, makanan bayi, pakaian, alat kebersihan diri dan obat-obatan dengan total nilai bantuan sebesar Rp 7 juta untuk warga yang
Foto : Kemensos
Kemensos menyerahkan bantuan berupa beras, mie instan, peralatan mandi, susu, makanan bayi, pakaian, alat kebersihan diri dan obat-obatan dengan total nilai bantuan sebesar Rp 7 juta untuk warga yang
10

CIBOKOR, NETRALNEWS.COM - Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah Kampung Babakan Cingkeuk Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur pada Jumat (4/6/2021) menyebabkan terjadinya banjir dan longsornya  tebing setinggi 70 meter.

Bencana tersebut memaksa warga untuk mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Sebanyak 38 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri 121 Jiwa berada di Posko  Pengungsian 1 berlokasi di Pesantren As Salam, sedangkan 54 KK yang terdiri dari 192 jiwa berada di Posko 2 yang berlokasi di  MI Persis 56 Cibitung 

Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Balai Phala Martha merespon cepat kasus tersebut dengan menugaskan Tim Respon Darurat yang terdiri Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial.

Respon cepat ini sejalan dengan arahan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini agar setiap Balai Kemensos harus segera merespon adanya berbagai permasalahan sosial yang terjadi disekitarnya.

“Kemensos menyerahkan bantuan berupa beras, mie instan, peralatan mandi, susu, makanan bayi, pakaian, alat kebersihan diri dan obat-obatan dengan total nilai bantuan sebesar Rp 7 juta untuk warga yang terdampak bencana” ujar Penyuluh Sosial Kemensos, Andi yang turun ke lokasi pengungsian.

Andi katakan, untuk layanan dukungan psikososial, Tim Respon Darurat berinteraksi dengan warga yang mengungsi untuk mendengarkan cerita yang mereka alami sehingga mampu memberikan penguatan psikologis kepada mereka sesuai arahan Kepala Balai Phala Martha, Cup Santo.

Diketahui tidak ada korban jiwa pada bencana tersebut namun berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terdapat 5 Rumah warga rusak berat dan 12 rumah lainnya rusak sedang.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati