Netral English Netral Mandarin
09:47wib
Hingga matchday kedua Euro 2020 (Euro 2021) terdapat satu negara yang sudah dipastikan tersingkir dari ajang sepak bola antarnegara paling bergengsi di Benua Biru yaitu Makedonia Utara. Indonesia sedang didera lonjakan kasus Covid-19 di sebagian besar daerah. Peningkatan kasus ini terlihat dari keterisian tempat tidur di rumah sakit oleh pasien Covid-19.
Kemensos Melalui Balai Budhi Dharma Bekasi Layani Vaksinasi untuk Lansia

Kamis, 03-Juni-2021 14:08

Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi melaksanakan Vaksinasi Covid-19.
Foto : Kemensos
Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi melaksanakan Vaksinasi Covid-19.
8

BEKASI, NETRALNEWS.COM - Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi melaksanakan Vaksinasi Covid-19. Vaksinasi dilakukan kepada 10 Penerima Manfaat (PM) residensial, yang mendapatkan pelayanan dalam balai. Ada pula PM Lansia komunitas yang ada di sekitar lingkungan balai di Rumah Sakit Ukrida Jakarta. 

Adapun pelaksanaan vaksinasi bekerja sama dengan RS Ukrida dan komunitas KILLCOVID-19.

Ketua Komunitas Lansia Sukamto (64) yang ada di sekitar balai mengatakan, kebahagiaannya ketika para Lansia yang menjadi anggotanya akan mengikuti kegiatan vaksin oleh balai Budhi Dharma Bekasi. 

"Alhamdulillah, kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh mbah-mbah di sini. Semoga vaksinasi ini bisa memberikan kekebalan yang baik dari Covid-19 bagi para lansia,” katanya di Bekasi, Kamis (3/6/2021).

Seperti diketahui bahwa pemerintah saat ini terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para kelompok rentan. Mereka yang masuk diantaranya para Lansia yang ada di Indonesia, yang merupakan kelompok umur paling rentan dengan tingkat kematian yang cukup tinggi mencapai 49,4 % sesuai data yang diumumkan satgas penanganan Covid-19.

“Terima kasih. Saya apresiasi kegiatan ini, ini adalah bentuk edukasi yang sangat baik bagi masyarakat apalagi lansia terkait vaksin ini, nanti di luar para lansia akan menginformasikannya kepada masyarakat kalau mereka telah di vaksin dan aman,” kata Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu saat membuka kegiatan tersebut.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan sekitar 80-85% angka kematian Covid-19 di Indonesia terjadi pada kelompok rentan yaitu lansia, anak-anak, dan orang dengan penyakit bawaan atau komorbid.

Sebanyak 7 persen dari pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta adalah orang-orang yang kesehariannya tidak beraktivitas di luar rumah dan sangat mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

Artinya ada anggota keluarga yang keluar rumah, berada di kerumunan yang berpotensi terjadinya penularan, dan membawa virus ke rumah menulari anggota keluarganya yang lain. Masyarakat yang berada di luar rumah agar tidak membuat kerumunan karena dampaknya sangat fatal yang bisa menularkan virus kepada keluarga di rumah.

Masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dengan ketat. Yaitu dengan menerapkan prinsip 3M, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan dan mencuci tangan dengan sabun.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli