Netral English Netral Mandarin
22:22wib
Enam belas tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) usai berlangsungnya matchday terakhir penyisihan grup, Kamis (24/6) dini hari WIB. Sejumlah daerah di provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta masuk kategori zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penularan virus corona (covid-19) dalam sepekan terakhir
Kenali 13 Gejala Umum yang Diderita Orang Depresi

Jumat, 07-Mei-2021 15:15

Seseorang dengan depresi mungkin lebih memikirkan tentang kematian.
Foto : alodokter
Seseorang dengan depresi mungkin lebih memikirkan tentang kematian.
4

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Depresi adalah penyakit umum yang terjadi di seluruh dunia, dengan lebih dari 264 juta orang mengalaminya. 

Depresi berbeda dengan fluktuasi suasana hati atau mood biasa. Depresi juga berbeda dengan respons emosional yang berumur pendek terhadap tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

 Jika berlangsung lama dan dengan intensitas sedang atau berat, depresi bisa menjadi kondisi kesehatan yang serius. Ini dapat menyebabkan orang yang terkena dampak depresei menjadi sangat menderita dan berfungsi dengan buruk di tempat kerja, di sekolah, dan di keluarga.

Dan yang paling parah, depresi bisa menyebabkan bunuh diri. Hampir 800 ribu orang meninggal karena bunuh diri setiap tahunnya. Bunuh diri adalah penyebab kematian tertinggi kedua pada usia 15-29 tahun.Meskipun ada pengobatan yang efektif untuk depresi, antara 76?n 85% orang di negara berpenghasilan rendah dan menengah tidak menerima pengobatan untuk gangguan depresi mereka.

Secara umum, ada beberapa jenis depresi, dan gejalanya bervariasi antara setiap penderita depresi.Meskipun siapa pun dapat mengalami beberapa gejala ini dari waktu ke waktu, dokter hanya akan mendiagnosis seseorang sedang depresi jika sekelompok gejala tertentu muncul, dan gejala-gejala tersebut bertahan selama dua minggu atau lebih.

Berikut adalah 13 gejala-gejala umum dari seseorang yang menderita depresi, seperti diberitakan Medical News Today: 

1. Merasa sedih atau hampa

Perubahan suasana hati adalah salah satu gejala depresi yang paling umum. Seseorang yang mengalami depresi mungkin merasa sedih atau terpuruk untuk waktu yang lama.Mereka mungkin juga mengatakan bahwa mereka merasa "hampa" atau tidak dapat merasakan kegembiraan atau kebahagiaan. Beberapa orang mungkin menggambarkan kesedihan ini sebagai keputusasaan.2. Merasa putus asa atau tidak berdayaDepresi dapat membuat seseorang merasa putus asa, seolah-olah perasaan sedih mereka tidak akan berakhir.Seseorang mungkin juga merasa tidak berdaya. Mereka mungkin berkata atau berpikir bahwa tidak ada yang bisa membantu mereka menjadi lebih baik, dan mereka akan selalu merasa tertekan.

3. Merasa tidak berharga

Seseorang yang mengalami depresi mungkin merasa bahwa dirinya tidak berharga atau tidak memiliki arti dalam hidupnya.

Mereka mungkin percaya bahwa mereka adalah beban bagi orang lain, atau bahwa lingkungan atau keluarga mereka akan lebih baik tanpa mereka.

4. Merasa bersalah yang berlebihanRasa bersalah adalah reaksi normal setelah seseorang mengatakan atau melakukan sesuatu yang mereka sesali. Namun, orang dengan depresi mungkin terus merasa bersalah yang tidak pantas atau tidak proporsional dengan situasi mereka.

Mereka mungkin memfokuskan banyak energi pada rasa bersalah ini, dan merasa buruk tentang diri mereka sendiri dan hal-hal yang telah mereka katakan atau lakukan dan yang telah lama berlalu.

5. Hilangnya minat atau kesenangan dari aktivitas yang biasa disukai

Beberapa penderita depresi kehilangan minat pada hal-hal yang dulu mereka sukai, seperti olahraga, jalan-jalan dengan teman, musik, atau aktivitas seksual. Mereka mungkin menolak tawaran atau kesempatan untuk melakukan aktivitas yang mereka sukai atau berkatifitas bersama orang lain.

6. Gampang marah dan mudah tersinggungSeseorang dengan depresi mungkin terlihat marah pada orang lain. Mereka mungkin mudah jengkel dan kesal atau iritabilitas.

Sebuah studi oleh National Institute of Mental Health menunjukkan bahwa pria lebih mungkin mengalami iritabilitas dan kemarahan sebagai gejala depresi daripada wanita. Namun gejala tersebut juga dapat terjadi pada wanita dan anak-anak.Iritabilitas juga memiliki kaitan dengan gejala depresi lainnya. Misalnya, jika seseorang tidak tidur nyenyak dan merasa lelah, mereka mungkin lebih mudah tersinggung.

7. Merasa lelah dan kehilangan energiBeberapa orang yang menderita depresi mungkin merasa sulit untuk bangun di pagi hari karena merasa lelah dan lesu.

Mereka mungkin merasa terlalu lelah untuk melakukan tugas sehari-hari, seperti pergi bekerja atau memasak makanan. Mereka mungkin menghabiskan banyak waktu di rumah untuk beristirahat atau tidur.Kelelahan akibat depresi bisa membuat seseorang merasa seolah-olah selalu lelah, meski cukup tidur di malam hari. Ada juga penderita depresi yang mengalami kualitas tidur yang buruk.

8. Insomnia atau kurang tidurMenurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2008, sekitar 75% orang dengan depresi mengalami gejala insomnia.

Ada kalanya seseorang dengan depresi mungkin tidak dapat tidur nyenyak, berpotensi mengalami kesulitan untuk tertidur atau mudah terbangun dari tidur. Mereka mungkin begadang di malam hari atau bangun pagi-pagi sekali.

9. Kesulitan berkonsentrasi, mengingat, dan membuat keputusan

Depresi dapat mengganggu kemampuan kognitif seseorang. Mereka mungkin kesulitan memusatkan perhatian atau berkonsentrasi pada masalah pribadi atau profesional. Mereka mungkin juga kesulitan membuat keputusan, termasuk pilihan kecil sehari-hari.

Orang dengan depresi mungkin juga menemukan bahwa mereka tidak dapat mengingat hal-hal sebaik yang mereka lakukan sebelumnya. Mereka mungkin lupa pada janji atau komitmen, dan mungkin tidak mengingat hal-hal yang mereka katakan atau lakukan baru-baru ini.

10. Nafsu makan berkurang

Orang dengan depresi mungkin kehilangan keinginan untuk makan dan nafsu makannya, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan. Mereka mungkin memiliki sedikit minat untuk makan, dan bisa berlangsung untuk waktu yang lama tanpa makan.

11. Makan berlebihan dan berat badan bertambah

Beberapa orang mungkin makan lebih banyak saat mereka depresi. Makanan bisa menjadi mekanisme kenyamanan untuk perasaan negatif atau cara untuk mengatasi kebosanan atau menyendiri.Depresi dapat membuat orang sulit merasa termotivasi untuk keluar atau berolahraga. Dikombinasikan dengan peningkatan asupan makanan, ini dapat menyebabkan penambahan berat badan.

12. Sakit, nyeri, dan gejala fisik

Seseorang dengan depresi mungkin mengalami gejala fisik yang terus-menerus yang tidak menunjukkan respons terhadap pengobatan. Gejala fisik ini termasuk sakit kepala, gangguan pencernaan, serta nyeri dan rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan.

13. Pikiran tentang kematian atau bunuh diri

Seseorang dengan depresi mungkin lebih memikirkan tentang kematian. Mereka mungkin juga berpikir tentang bunuh diri dan bagaimana mereka bisa mengakhiri hidup mereka. Pikiran ini disebut ide bunuh diri.Terkadang, seseorang mungkin memberi tahu orang lain tentang pemikiran kematian mereka ini. Jika seseorang berbicara tentang kematian atau bunuh diri, ini mungkin cara mereka untuk meminta bantuan orang lain untuk mengatasi depresi mereka.

Dalam kasus depresi yang parah, seseorang mungkin dapat melukai diri sendiri, atau menyakiti diri sendiri.

Depresi adalah kondisi umum namun serius yang dapat mengancam nyawa. Tidak setiap orang yang berpikir untuk bunuh diri akan mencobanya. Namun, jika seseorang menyebutkan tentang bunuh diri, hubungi dokter atau bantu mereka mencari perawatan medis secepatnya. 

Reporter : Turkhan Mustafa Akhyar
Editor : Sulha Handayani