Netral English Netral Mandarin
21:32wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Kenapa Vaksin Harus Sesuai Jadwal? Ini Penjelasan dokter Nings

Senin, 20-September-2021 21:30

Ilustrasi Vaksin
Foto : Kemenparekraf.
Ilustrasi Vaksin
22

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dokter sekaligus pegiat medsos Adaninggar mengungkapkan penting vaksinasis sesuai dengan jadwal atau tepat waktu.

Sebab, hal itu akan berpengaruh pada efektifitas vaksin itu sendiri. Namun, lebih baik terlambat dibanding tidak menerima vaksin sama sekali.

"Kenapa harus tepat waktu?Supaya didapatkan efektivitas dan keamanan sesuai dengan yang sudah diuji di uji klinis.

Jika terpaksa terlambat bagaimana?

Ada risiko efektivitas menurun tapi tetap usahakan mendapatkan secepatnya suntikan kedua karena suntikan pertama hanya “perkenalan” jadi kekebalan yang terbentuk juga belum optimal," tulisnya dalam laman instagramnya, Jakarta, Senin (20/9/2021).

Dokter Nings akrab disapa  menuliskan Apakah ada batas waktu maksimal keterlambatan?

Beberapa vaksin ada batas keterlambatan yang berarti jika lebih dari batas toleransi kemungkinan akan menurun efektivitasnya.

"Namun, belum ada kebijakan atau rekomendasi untuk mengulang vaksin karena prioritasnya adalah meratakan cakupan vaksinasi terlebih dahulu," tulisnya lagi.

 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sulha Handayani