Netral English Netral Mandarin
19:19wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Keras! Ibu Susi Sindir Mendikbudristek Nadiem gegara Bakal Bangun Ruang Kerja Privat Rp6,5 Miliar

Sabtu, 11-September-2021 07:15

Susi Pudjiastuti
Foto : Istimewa
Susi Pudjiastuti
22

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti mengritik keras Mendikbudristek Nadiem Makarim gegara akan membangun ruang kerja privat dengan biaya tinggi. 

Menurut Ibu Susi, biaya sebesar itu bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

“Bisa bangun 10 kelas berteknology tinggi, lengkap fasilitas olahraga, kantin, 20 kamar mandi, 1 bus dll,” sindir Susi Pudjiastuti, Sabtu 11 September 2021.

Untuk diketahui, Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) berencana merenovasi ruang kerja Mendikbudristek Nadiem Makarim. Total anggaran yang disiapkan untuk pengerjaan proyek tersebut mencapai Rp6,5 miliar.

Dalam situs Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), tender dibuka untuk penataan ruang kerja dan ruang rapat gedung A. Nilai pagu paket sebesar Rp6.500.000.000. Sementara Nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) mencapai Rp5.391.858.505.

Satuan kerja yang berwenang memegang tender tersebut adalah biro umum dan pengadaan barang dan jasa. Jumlah peserta tender sampai hari ini, Jumat (10/9), mencapai 118 peserta.

Pelaksana tugas Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek Anang Ristanto mengatakan renovasi tersebut dilakukan untuk menambah ruang kerja pejabat baru, staf khusus menteri, hingga ruang kerja Nadiem.

Renovasi yang dilakukan pada keseluruhan lantai 2 Gedung A Kemendikbudristek merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2021 yang mengamanatkan penggabungan unsur riset dan teknologi. Hal ini menyebabkan adanya perubahan struktur organisasi dan penambahan staf ahli menteri sebanyak 5 orang.

"Renovasi dilakukan untuk menyiapkan ruangan bagi para pejabat baru beserta tim kerjanya, sekretariat tata usaha pimpinan, ruang kerja staf khusus menteri, serta ruangan menteri," kata Anang dalam keterangan tertulis kepada CNNIndonesia.com, Jumat (10/9).

Anang mengklaim penataan ruangan di lantai 2 Gedung A Kemendikbudristek juga untuk menghadirkan lingkungan kerja yang aman dan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Renovasi menyasar seluruh lantai 2 Gedung A Kemendikbudristek.

Berdasarkan proposal rencana renovasi ruang menteri yang CNNIndonesia.com terima, bagian ruangan yang akan direnovasi di antaranya ruang private atau ruang Nadiem, semiprivate, ruang public, dan service.

Menurut Anang, beberapa ruangan tersebut sudah lama tidak direnovasi. Berdasarkan data Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa, renovasi pada lingkungan Gedung A terakhir kali dilakukan di Perpustakaan, lantai 1 pada tahun 2016.

"Sedangkan renovasi pada ruangan kerja menteri dan para staf ahli sudah lama tidak dilakukan," ujarnya seperti dinukil CNN Indonesia.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto