Netral English Netral Mandarin
13:25wib
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengkritik peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai pengawas keuangan negara, namun tidak ada pihak ketiga yang mengawasinya. Para ilmuwan di Afrika Selatan mendeteksi varian Covid-19 baru yang memiliki banyak mutasi. Varian ini disinyalir jadi penyebab tingginya penyebaran kasus di negara tersebut.
Ketika Mata Terbelalak Melihat Subak

Rabu, 27-Oktober-2021 12:00

Pertanian Subak jadi daya pikat turis.
Foto : Kintamani.id
Pertanian Subak jadi daya pikat turis.
10

KINTAMANI, NETRALNEWS.COM - Tidak cuma cantik, area persawahan di Jatiluwih ini juga sangat unik! Bahkan, saking uniknya, sistem irigasi yang disebut Subak ini sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya tak benda sejak tahun 2012.

Tak cuma itu, filosofinya juga sangat mendalam, karena mengandung falsafah hidup yang harmonis antara Tuhan, manusia, dan alam (Tri Hita Karana).

Mengapa google mengangkat tema Subak di google doodle? Google rupanya ingin merayakan diangkatnya Subak sebagai salah 

Pengakuan UNESCO sendiri terjadi pada tanggal 29 Juni 2012 dalam sidang ke-36 Komite Warisan Dunia UNESCO di kota. Pengakuan UNESCO ini membuat Subak menjadi salah satu warisan budaya Bali yang perlu dijaga dan dilindungi karena dampaknya yang positif bagi lingkungan dan masa depan.

Dilansir dari Klook, Doodle 29 Juni 2020 ini dibuat "untuk merayakan sistem irigasi Indonesia bernama Subak yang memiliki arti signifikan secara budaya. Subak dimasukkan ke dalam daftar situs Warisan Dunia dari UNESCO pada hari ini di tahun 2012 lalu.”

Lalu seperti apa sistem irigasi ala Subak? Sederhananya, Subak memiliki lima komponen penting: hutan yang melindungi suplai air, sawah padi yang berbentuk terasering, sistem kanal air, desa, dan juga pura yang menandai sumber air atau aliran air hingga ke subak. 

Tegalalang dan Jatiluwih, Dua Tempat Terbaik Menikmati Sawah Subak. Jika Anda tertarik untuk menikmati atau bahkan mempelajari lebih dalam persawahan dengan sistem Subak, bisa melakukannya di Tegalalang Rice Terrace dan Jatiluwih Rice Terrace.

Tegalalang sendiri merupakan area persawahan sekitar 20 menit dari pusat Ubud, yang selama ini sudah terkenal banget di kalangan wisatawan. Area ini memang indah, dan menjadikannya ideal sebagai area untuk berburu foto-foto dengan lanskap sawah yang Instagramable.

Tegalalang juga mudah dijangkau dari , menjadikannya cocok dikunjungi buat kamu yang memasukkan Ubud ke dalam wilayah yang ingin kamu eksplor saat liburan ke Bali. Agar lebih leluasa, Anda bisa agar bisa merencanakan kunjunganmu ke Tegalalang Rice Terrace.

Selain Tegalalang, Jatiluwih adalah tempat lainnya yang ideal untuk menikmati sawah Subak di Bali. Bahkan Jatiluwih untuk dikunjungi oleh wisatawan yang enggak cuma pengen foto-foto di persawahan Subak, tetapi juga belajar tentang Subak lebih jauh. Untuk alasan itulah saat liburan ke Bali, dan bukan hanya sekadar melihat pantai. 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P

Berita Terkait

Berita Rekomendasi