Netral English Netral Mandarin
06:54wib
Menkes Singapura meminta pasien Covid-19 yang masih muda dan telah mendapatkan vaksin penuh untuk dirawat di rumah mengingat kapasitas unit gawat darurat hampir penuh. KPK menjadwalkan pemanggilan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai saksi dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, hari ini.
Ketua DPD Sebut Hari Lahir Pancasila Momentum Bersatu dan Jaga Kerukunan

Selasa, 01-Juni-2021 22:00

Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti
Foto : Antara
Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadikan Hari Lahir Pancasila sebagai momentum untuk terus bersatu serta menjaga kerukunan dalam bingkai Pancasila.

"Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021. Jaga kebinekaan, jaga kerukunan, saling menghargai dan menghormati," kata La Nyalla melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (1/6/2021).

Ia mengatakan meskipun Indonesia memiliki banyak perbedaan suku, budaya, dan agama, tapi dengan bingkai Pancasila diyakini semua tetap bisa hidup rukun.

Selain itu, senator asal Jawa Timur tersebut mengajak seluruh masyarakat di Tanah Air untuk menjadikan Pancasila sebagai benteng kehidupan bangsa. Pancasila juga harus menjadi napas dalam setiap kehidupan.

"Mari bersama-sama wujudkan Indonesia tangguh dan berkeadilan sosial dengan selalu menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam diri kita. Pancasila dalam tindakan, bersatu untuk Indonesia tangguh," katanya pula.

La Nyalla mengatakan 1 Juni memiliki sejarah penting dalam kemerdekaan Indonesia. Sebab, 1 Juni menjadi bagian sejarah persiapan kemerdekaan Indonesia atau momen saat Proklamator RI Presiden Soekarno berpidato di sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai tepatnya pada 1 Juni 1945.

"Bung Karno dengan gagah berani memperkenalkan konsep dasar negara Indonesia yang diberi nama Pancasila. Dari situlah Pancasila menjadi dasar negara sekaligus ideologi Indonesia. Pancasila mengikat setiap perbedaan menjadi satu kesatuan dalam bingkai NKRI," ujar mantan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tersebut.

Untuk itu, La Nyalla mengajak seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila dengan penuh makna dan tidak hanya momen hari libur semata.

"Resapi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara mencapai persatuan yang utuh untuk mencapai kemajuan bangsa," kata dia.

Selain itu, ia mengajak seluruh elemen bangsa agar lima sila dalam Pancasila dijadikan panutan kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya, arah perjalanan kehidupan masyarakat perlu mengacu ke lima sila hasil pemikiran para pendiri bangsa.

"Kita bumikan Pancasila agar semua generasi merasakan arti penting Pancasila dalam kehidupan terutama Generasi Z yang akrab dengan media sosial yang sarat dengan informasi, mereka harus memahami nilai-nilai Pancasila agar memiliki ideologi yang lurus," katanya pula.

La Nyalla pun berharap segala perselisihan atau silang pendapat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, diselesaikan dengan berkaca pada nilai-nilai Pancasila. Sebab, diyakini semua perbedaan yang menyebabkan konflik horizontal bisa diselesaikan apabila semua pihak mau bersikap bijaksana dengan menjunjung Pancasila di atas segalanya.

Reporter : Antara
Editor : Wahyu Praditya P