Netral English Netral Mandarin
13:49wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Ketua KPK Tegaskan Tak Ada Pemecatan 75 Pegawai, EK: Ya, Gak Usah Dipecat, Secara UU Sudah Gak Sah Jadi Pegawai KPK

Jumat, 07-Mei-2021 09:40

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri
Foto : Istimewa
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan pihaknya tak penah menyampaikan adanya pemecatan 75 pegawai KPK yang tidak lukus tes wawancara kebangsaan (TWK).

Tes Wawancara Kebangsaan merupakan salah satu syarat untuk beralih menjadi aparatur sipil negara (ASN)

dalam tes wawancara kebangsaan yang dilakukan Bidang Kepegawaian Negara atau BKN.

"Saya ingin katakan sampai hari ini KPK tidak pernah mengatakan dan menegaskan ada proses pemecatan," kata Firli dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (5/5/2021).

Terkait hal itu Pegiat Media Sosial, Eko Kuntadhi (EK) ikut mengomentari.

Menurut Eko, pegawai KPK yang tidak lulus tidak usah dipecat karena menurut Undang-Undang KPK pegawai KPK harus ASN, sehingga dengan sendirinya sudah tidak sah menjadi pegawai KPK.

"Ya, gak usah dipecat. Menurut UU KPK, pegawai KPK harus ASN. Yang gak lulus tes ASN gak perlu dipecat. Dengan sendirinya sudah gak syah jadi pegawai KPK. Kecuali diangkat sebagai honorer," ujarnya," tulis Eko, di akun Twitternya, Kamis (6/5/2021).

Cuitan Ferdinand pun direspon berbagai komentar pro dan kontra  oleh netizen. Berikut rangkuman komentar netizen yang terpantau Netralnews.com, Jumat (7/5/2021).

@Andrianakav12: Kalau gak ada pemecatan musyinya tahu diri dong. Malu atuh dengan yang lulus. Lain masalah kalau di angkat jadi pegawai harian. Gak masuk gak d bayar, fair dong

@Dimas_Dwb: Sudah waktunya KPK dibubarkan!Klo suatu saat mau dibuat lagi harus dirancang dgn benar. Sbg lembaga Ad hoc brapa lama usianya dan pastikan tidak menjadi LSM super lagi!

@ParthaSaderi: Ha ha ha ha... Ternyata siapapun yg jadi Ketua @KPK_RI Sama saja! Mau Bintang 7, 8, 9 .. masih ngeri² takut Berhadapan sama Geng 'Taliban KPK'... Kalo Pecat ya Dipecat aja! Pakai ganti istilah segala! @KPK_RI Pripun Kabarmu?? 

@BarthoSihombing: magang lg spt anak SMK...duta wawasan kebangsaan cocok jg...tahun depan coba lg

@TheresiaSusi1: Ha ha...di instansi negara pegawai honorer biasanya ga pny jabatan. Drpd malu pasti milih mundur..

@ippayippay: Firli Dr kepolisian msk kpk kok jd melempem gitu ya.

Reporter : Sesmawati
Editor : Nazaruli