Netral English Netral Mandarin
12:34wib
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan dunia berada di jalur bencana lantaran pemanasan global yang terus berlangsung. Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim agung usulan Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR akan digelar pada pekan depan.
Ketua Satgas IDI Ungkap Penyintas Covid Bisa Berapa Lama Menularkan Virusnya?

Kamis, 01-Juli-2021 13:20

Ilustrasi Covid-19
Foto : Istimewa
Ilustrasi Covid-19
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Satgas Covid-19 PB IDI, Zubairi Djoerban mengungkapkan bagaimana serta kapan penyintas Covid -19 dapat terpapar lagi atau bisa menularkan kepada yang lain.

Zubairi mengatakan pertanyaan kepada dirinya tentang kapan sebenarnya seseorang menjadi sangat menular setelah terinfeksi Covid-19, dan berapa lama seorang penyintas itu tetap bisa menularkan virus kepada orang lain?

Berikut ini jawaban Zubairi dengan lengkap serta beberapa bagian yang harus perlu studi lebih lanjut.

"Berapa lama seseorang yang terinfeksi Covid-19 tetap bisa menularkan kepada orang lain? Waktu rata-rata virus menular adalah 8 hari setelah timbulnya gejala," tulisnya seperti dilansir di akun resmi twitternya, Jakarta, Kamis (1/7/2021).

Pihaknya merujuk pada penelitian Jeroen van Kampen, konsultan mikrobiologi dan ahli virologi dari Erasmus Medical Center.

Selain itu, tulis Zubairi melalui Jeroen van Kampen melaporkan bahwa penelitiannya tidak menemukan virus SARS-CoV-2 yang dibiakkan dari sampel saluran nafas setelah hari ke-8 sejak timbulnya gejala.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Nazaruli