Netral English Netral Mandarin
11:55wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku siap maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo ingin agar pelaksanaan penyuntikan booster vaksin Covid-19 dilakukan mulai awal 2022.
Ketum Parpol Koalisi Pemerintah Puja-puji Jokowi, PKS: Apa Rakyat Memuji Juga?

Rabu, 01-September-2021 22:17

Anggota Komisi IX DPR Fraksi PKS Alifudin
Foto : PKS.id
Anggota Komisi IX DPR Fraksi PKS Alifudin
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politisi PKS Alifudin mengomentari sikap para ketua umum partai politik (parpol) koalisi pemerintah yang memuji Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan pandemi Covid-19.

Alifudin mengatakan, pujian petinggi parpol, termasuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kepada Presiden Jokowi merupakan hal yang wajar karena mereka bagian dari koalisi pemerintah.

Namun, lanjutnya, rakyat belum tentu memuji pemerintah seperti yang dilakukan ketum parpol itu. Sebagai contoh, Alifudin menyinggung maraknya mural bernada kritik terhadap pemerintahan Jokowi.

“Sah-sah saja para ketua umum Partai koalisi memuji pemerintah dalam penanganan Covid-19, karena bagian dari koalisi pemerintah. Tapi kita lihat, banyak mural yang beredar, apa rakyat memuji juga?,” sindir Alifudin, Rabu (1/9/2021).

Anggota Komisi IX DPR itu menilai, masih banyak kekurangan pemerintah dalam menyelesaikan penanganan Covid-19 di Indonesia. Bahkan terkesan sangat lambat dalam mengambil kebijakan sejak awal virus itu menyebar di tanah air.

“Kalau mau di urut satu-satu, banyak sekali kebijakan yang tidak pro terhadap rakyat apalagi percepatan penanganan Covid-19,” ujar Alifudin.

Salah satunya, tambah Alifudin, yakni percepatan vaksinasi. Menurutnya, kebijakan vaksinasi masih jauh dari harapan. Terlebih, ada pejabat yang sudah vaksin booster, namun banyak masyarakat yang belum vaksin dosis pertama.

Untuk itu, Alifudin mengajak masyarakat agar sama-sama mengawal kebijakan pemerintah dan menyuarakan aspirasinya tentang penanganan pandemi Covid-19.

“Jangan takut kalau benar dan sesuai data, karena keadilan serta kebenaran akan selalu menang,” tegasnya.

Selain soal puja-puji ketum parpol koalisi kepada Presiden, Alifudin juga menyatakan partainya tetap istiqomah sebagai oposisi meski partai-partai yang berjalan bersama pada Pilpres 2019 lalu menyatakan bergabung ke koalisi pemerintahan.

“PKS tetap bersama rakyat serta terus melayani rakyat sebagai oposisi pemerintah. Karena kekuasaan itu perlu di kritik dan diawasi, agar tidak adanya kekuasaan absolut pada rezim sekarang ini,” pungkasnya seperti dilansir dari laman Fraksi PKS.

Sebelumnya, dalam pertemuan petinggi parpol koalisi pemerintah dengan Presiden Jokowi di Istana Negara pada Rabu (25/8/2021), sejumlah ketum parpol memuji Jokowi terkait penanganan pandemi Covid-19, salah satunya Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Prabowo mengatakan, kepemimpinan Jokowi efektif dan berada di jalur yang benar dalam menangani pandemi Covid-19. Keputusan yang diambil Jokowi, disebutnya cocok dengan rakyat.

Prabowo pun menaruh hormat kepada Jokowi dan mengapresiasi kerja Kabinet Indonesia Maju yang dinilainya kompak bekerja menangani pandemi Covid-19. Menteri Pertahanan itu juga meminta Presiden untuk tidak menghiraukan suara sumbang yang memperkeruh suasana.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati