Netral English Netral Mandarin
21:48wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Kiat DJ Whisnu Tetap Kreatif di Masa Pandemi

Senin, 23-Agustus-2021 08:30

DJ Whisnu.
Foto : Istimewa
DJ Whisnu.
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Situasi pandemi mempunyai dampak secara signifikan terhadap hampir semua bisnis, seperti industri makanan, fashion, perhotelan, bahkan musik.

Bagi pegiat musik sendiri, strategi demi strategi perlu dikembangkan agar dapat terus mempertahankan citra musik di Indonesia yang sangat berpengaruh terhadap ‘sepak terjang’ sang musisi terhadap karya-karyanya di situasi sulit seperti ini.

Sangat tidaklah mudah untuk musisi atau produser musik di Indonesia untuk dapat bertahan di kondisi yang mewajibkan semua masyarakat untuk tidak lagi menikmati musik di luar rumah. Sehingga, para pegiat musik tanah air juga menjadi salah satu ‘korban’ yang terdampak. 

Dalam menyikapi hal ini, produser musik dituntut lebih kreatif untuk menyajikan sesuatu yang dapat menunjang kegiatan masyarakat melalui musik dengan tetap berada di rumah secara asik dan menyenangkan.

Whisnu Santika, Disjoki dan Produser Musik di Indonesia dengan ragam karya #MusikTanpaBatas nya pun turut menjadi ‘korban’ terdampak adanya situasi sulit saat ini.

Namun, visi Whisnu dalam terus memberikan karya yang menyisipkan kejutan di setiap produksinya diharapkan dapat menjadi bagian dari semangat masyarakat di kala pandemi, di 7 Juli 2021 kemarin, Whisnu Santika kembali merilis karya terbarunya yang berjudul Que Pasa.

Proses pembuatan hingga rilis lagu Que Pasa tidaklah serta merta mulus, khususnya setelah sukses membesut salah satu karyanya yang berjudul Chitty Chitty Bang! di tahun 2019 lalu sebagai alternatif lagu pengiring dan penghibur apapun aktivitas masyarakat Indonesia saat sebelum pandemi, untuk kemudian dapat menggairahkan kembali semangat musik dari para pendengar setianya di kala pandemi ini.

Banyaknya tantangan yang dihadapi penggiat musik di Indonesia saat pandemi tidak menyurutkan semangat para musisi, terlihat dari bagaimana para produser musik terus berkreasi untuk dapat memberikan lagu penyemangat beraktivitas saat tetap berada di rumah saja. 

Di saat itu pula, Whisnu yang juga berjiwa nasionalis, sontak terpikir untuk dapat memberikan kontribusi lebih dari karya musiknya,   dari sinilah Que Pasa tercipta.

Sikap putus asa yang dimilikinya membuahkan ide kreatif untuk menciptakan musik dengan gaya Amerika Latin yang diadopsinya agar kelak menjadi warna baru dari berbagai jenis musik di Indonesia.

Konsep ‘Memanusiakan Manusia’ melalui musik, diejawantah oleh Whisnu ke dalam Que Pasa (2021) untuk dapat memberikan semangat masyarakat Indonesia beraktivitas di kala pandemi, seperti halnya lima kegiatan berikut ini yang dapat dinikmati dengan lantunan lagu Que Pasa, yang dilansir dari siaran pesnya, Senin, (23/8/2201):

Berolahraga dari Rumah dengan lantunan musik chill nan upbeat sebagai pengiring gaya:

Tak dapat dipungkiri, untuk memberikan dan menciptakan atmosfir semangat berolahraga, masyarakat butuh jenis lagu seperti Que Pasa yang berkarakter fun dan energetic sebagai pengiring gaya berolahraganya. 

Salah satu contoh yang sempat pernah viral di kalangan penggiat olahraga Zumba di YouTube tahun 2019 lalu besutan Whisnu Santika.


Lagu pendamping dan penyemangat kegiatan bekerja dari rumah:

Dalam turut mendukung pemerintah menekan laju penyebaran virus Covid-19, Whisnu secara kreatif menciptakan irama musik Que Pasa agar memberikan semangat di diri masyarakat Indonesia yang mendengarkan, saat menyelesaikan dokumen atau pekerjaan lain di rumah.


Lagu pendamping untuk aktivitas membersihkan rumah dan/atau kamar: Lagu Que Pasa diciptakan khusus dengan karakter chill dan fun agar dapat mengangkat rasa semangat saat melakukan pekerjaan rumah yang harus secara berkala dilakukan guna menciptakan kenyamanan dan kebersihan rumah di kala pandemi, sebagai upaya untuk mengantisipasi dan menghindari virus Covid-19.


Bersantai sambil bernostalgia:

Selain musik, sosial media juga menjadi ‘teman akrab’ masyarakat Indonesia di kala pandemi, tidak hanya untuk dapat mengetahui kabar dan informasi terkait apa yang terjadi di luar rumah, tetapi juga menjadi media penghubung masyarakat dalam bersosialisasi, bahkan tidak luput juga dari sesi nostalgia ke berbagai momen sebelum pandemi.

Lagu Que Pasa yang diciptakan Whisnu dapat menjadi alternatif lagu untuk dapat bersantai sambil bernostalgia melalui media sosial masyarakat agar senantiasa teringat akan momen indah bersama orang-orang terkasih dengan karakter lagu yang chillful dan fun.


Latar lagu pengiring di karya sosial media masyarakat yang diciptakan:

Lagu Que Pasa dapat dijadikan sebagai referensi pendamping karya (social media post) masyarakat, seperti contoh salah satu karya Whisnu yaitu Chitty Chitty Bang! yang  pernah viral di sosial media sebagai backsound sebuah promosi dari Dian Sastrowardoyo di Guru Guru Gokil. 

Melalui Que Pasa, masyarakat yang ingin membuat karya (posting) sosial media dapat ‘ditemani’ dengan lagu yang berkarakter fun dan penyemangat ini.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P