Netral English Netral Mandarin
00:35wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Kisah Daniel Mananta Miliki Tumor Hingga Mirip Anjing Laut: Penyakit Penyanyi Terkenal

Minggu, 19-September-2021 15:30

Daniel Mananta pernah miliki tumor jinak.
Foto : Wow Keren.
Daniel Mananta pernah miliki tumor jinak.
24

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Presenter Ternama Daniel Mananta ungkap, dirinya ternyata pernah memiliki tumor jinak di pita suara atau diistilahkan sebagai nodul. Daniel menilai, gangguan kesehatan ini biasanya dialami oleh para penyanyi terkenal seperti Celine Dion, Whitney Houston, Adelle, Sam Smith dan Ari Lasso untuk penyanyi di Indonesia. 

Gangguan kesehatan itu membuat suaranya menjadi serak bahkan kehilangan suara di 2012. Seminggu, dua minggu berlalu Daniel masih tenang dan anggap gangguan tenggorokan biasa. Tetapi ruapanya suara tak kunjung kembali sebulan dan dua bulan berikutnya. 

“Ini sebenernya penyakit untuk penyanyi terkenal. Gue satu level penyakitnya sama mereka. Penyakitan aja bangga,” ujar Daniel, dikutip dari perbincangannya dengan Musisi Anang Hermansyah di Youtube, Minggu (19/9/2021). 

Baca Juga :

Daniel bahkan mengaku, suaranya saat itu mirip dengan anjing laut. Bagaimana tidak, suaranya kadang muncul dan kadang hilang tenggelam. Hingga akhirnya dia memutuskan untuk cek ke Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) ternama dan melakukan operasi. Bahkan amandelnya pun turut diangkat. 

“Gue tanya dokter kapan suara bisa balik, karena tiga minggu lagi gue nge job dan butuh suara. Kata dokternya, oh tiga minggu, aman,” ujar sang dokter pada Daniel. 

Baca Juga :

Tiga minggu lamanya, Daniel benar-benar hanya diam tanpa kata. Aktivitasnya hanya menonton, main PS, istirahat dan tidak menggetarkan pita suara. “Diem, sediem-diemnya,” sambung dia. 

Ketika tiga minggu sudah berlalu, Daniel kecewa suaranya belum kembali juga. Daniel tidak hanya kehilangan suara, melainkan juga merasa kehilangan identitasnya yang selama ini dikenal sebagai presenter terkenal. 

Baca Juga :

Dia akui tindakan itu merupakan salah satu kesalahan terbesarnya hingga depresi. Ketika bangun tidur, dia tutup muka dengan selimut, tidak mau keluar rumah dan malu dengan cemoohan orang. Mengurung diri dilakukan Daniel selama satu hingga dua bulan lamanya. Dia takut, khawatir dan penuh ketidakpastian. 

Saat itu, ayah dan ibunya juga serasa tidak memiliki jalan keluar dan solusi lagi. Uang yang selama ini dikumpulkan, digunakan untuk bayar operasi, meski suara tidak kembali. Rasanya tidak ada yang bisa selamatkan dia. Teman yang selama ini memiliki pengaruh besar juga tidak bisa menyelamatkannya.

“Gue kemana? Ke Tuhan. Gue balikkan badan ke Tuhan dan jalan ke arah Tuhan dan ada yang bilang alami break down paling rendah, rock bottom. Jatuh dan akan menemukan rock (batu), pondasi, pegangan dan menemukan Tuhan,” kata Daniel. 

Daniel kemudian didoakan seseorang dan dia menangis sejadi-jadinya dan setelah didoakan, masuk ke mobil, suaranya tak kunjung kembali juga. Tapi tidak tahu mengapa, saat itu, hatinya merasa damai setelah didoakan. 

“Ternyata yang terjadi pas didoain, gue belum alami kesembuhan secara fisik tapi secara spiritual. Karena kondisi nggak berubah, suara belum balik, tapi secara spiritual, hati kaya ada sebuah perasaan yang nggak bisa dijelasin. Perasaan damai yang mungkin dunia nggak akan pernah kasih ke gue dengan apapun itu,” jelas Daniel. 

Daniel mempercayai, rasa damai itu hanya bisa diberikan oleh Tuhan. Di dalam iman kepercayaan dan rasa damai, dia mendengar suara yang meyakini bahwa duaranya akan kembali, diminta untuk bersabar dan menikmati proses kesembuhan. Suara hati itu kedengarannya sama dengan suara hati ketika dia memutuskan untuk cukup dan selesai sebagai pembawa acara Indonesian Indol. 

“Gue merasa Tuhan sayang banget sama gue. Zaman masih nge club, mabok, party dan akhirnya beberapa tahun kemudian gue bilang sama Tuha dan berdoa. Tuhan, suara gue sempet mati tpai Tuhan bangkitkan kembali dan akan didedikasikan untuk kemuliaan Tuhan,” janji Daniel. 

Daniel berkomitmen, apapun yang dia katakan sebisa mungkin membuat orang lain dekat dengan Tuhan. Bukan melalui kotbah, tetapi apapunyang dia lakukan. Kini, dia pun menyerahkan jalan karir dan menyerahkan segalanya pada Tuhan. “Makanya Indonesian Idol season 10 gue pergi,” sambung dia. 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani