Netral English Netral Mandarin
20:11wib
Tersangka kasus dugaan penistaan agama, Yahya Waloni menyampaikan permintaan maaf kepada publik, khususnya kalangan Nasrani. Para peneliti menemukan sebuah parasit malaria yang kebal obat di Uganda.
Kisah Denny Sumargo Hidup Tanpa Figur Ayah, Pindah-pindah Tempat Tinggal karena Dititipkan

Rabu, 15-September-2021 14:30

Denny Sumargo dan istri.
Foto : Instagram Denny Sumargo
Denny Sumargo dan istri.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Pebasket Denny Sumargo megaku, selama hidupnya tidak memiliki role model atau figur ayah. Alasannya karena sang ibu berpisah dengan ayah, sehingga tidak ada figur laki-laki di dalam keluarganya. 

Denny juga harus menerima kenyataan bahwa perekonomian sang ibu begitu terpuruk. Tempat kerja ibunya juga tidak memperbolehkan membawa anak, sehingga mau tidak mau dia dititipkan dan menjadi tidak terlalu dekat dengan sosok wanita yang sudah melahirkannya itu. 

“Dia (ibu) tempat kerjanya nggak boleh bawa anak. Dia kerja di salin, potong rambut,malam bikin kue dan pagi jual ke pasar. Mau nggak mau aku dititip,”ujar Denny, dikutip dari perbincangannya di Youtube bersama Luna Maya dan Marianne Rumantir, Rabu (15/9/2021). 

Ketidakdekatan hubungan Denny dengan sang ibu diakui mempengaruhi hubungan komunikasi keduanya. Denny bahkan mengaku bahwa dia tidak nyambung mengobrol dengan sang ibu. 

“Di titip saudara, teman. Jadi dari kecil aku pindah-pindah nih. Di setiap keluarga jadi belajar sesuatu yang baru untuk bisa adaptasi dan bertahan hidup,” ujar pria 39 tahun itu. 

Tinggal di tempat orang membuat Denny mau tidak mau melakukan berbagai macam pekerjaan rumah. Misalnya saja membantu menyetrika pakaian, pel lantai dengan tangan, hingga potong rumput. 

Denny teringat, suatu hari dia pernah dititipkan dan tinggal di kediaman salah seorang kerabat yag kaya raya. Orang tersebut memiliki kamar yang besar, ruang tempat tidur, tetapi Denny harus terpaksa merasakan tidur di atas triplek karena kondisi ekonomi keluarga itu juga yang sedang tidak bagus. 

“Yang aku tahu ketika aku tumbuh itu. Aku nggak tahu dunia lebih jauh seperti apa,” terang Suami dari Olivia Allan itu. 

Meghadapi keadaan demikian, Denny mengaku hatinya tidak pernah kuat untuk membalas dendam. Keadaan itu juga yang membuat Denny kecewa pada hatinya sendiri. Dia begitu tak mengira orang lain bisa melakukan hal demikian. 

Itu juga jadi salah satu alasan Denny tidak mengenal Tuhan selama 33 tahun. Dia bertanya-tanya pada Tuhan, mengapa orang lain diberikan kekuatan untuk bisa balas dendam dan membenci, sedangkan dirinya tidak. 

“Saat dulu, jujur gue aja bingung ada di titik seperti ini. I don’t have any idea. Bagaimana cara melaluinya. Banyak orang yang bertanya, gue hanya bisa bilang jalanin aja,” ujar Denny yang meyakini bahwa masalah hidup dan jalan keluar setiap orang berbeda-beda. 

Meski demikian, menurutnya ada satu “rumus” yang bisa berlaku bagi semua orang, yakni mengakui dan mengenal Tuhan. Itu sebagai jalan untuk merasakan bahwa Tuhan begitu cinta dengan diri kita. 

“Itu bisa jadi bekal untuk menjalani hidup yang beda-beda dari setiap orang. Tau diri kita siapa sebanarnya, mengapa kita ada di dunia, menjalani kehidupan seperti ini dari perspektif lebih baik,” pesan dia. 

Kepada sang ibu, Denny lantas sempat bersujud dan meminta maaf karena kehormatan dan prinsip yang telah dia hancurkan dan saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengembalikannya. Dia teringat akan perkataan sang ibu, yang mengaku tidak bisa memberi harta dan kebahagiaan seperti keluarga lain, tetapi ibunya bisa memberikan cinta. 

“Kalau kurang mama minta maaf. Dan kehormatan, integritas, value terbaik yang mama bisa kasih untuk saya,” kata dia. 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani