Netral English Netral Mandarin
00:53wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Kisah Reza Rahardian Dibesarkan Single Mom, ‘Diusir’dari Rumah saat Usia 20 Tahun

Senin, 27-September-2021 12:40

Reza Rahardian  pernah hidup susah.
Foto : Wow Keren
Reza Rahardian pernah hidup susah.
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Aktor Reza Rahardian dibesarkan oleh single mom alias orang tua tunggal, Pratiwi Widantini Matulessy. Menurutnya, anak yang dibesarkan oleh orang tua tunggal akan membentuk pribadi yang berbeda, dibanding mereka yang dibesarkan oleh orang tua lengkap. 

 

“Sense of tanggung jawab lebih tinggi, karena harus tanggungjawab pada diri sendiri. Saat orang tua tidak bisa kasih perhatian penuh karena kerja, memastikan hidup baik-baik saja, makan, biaya sekolah, rumah dan lain-lain,” ujar ujar Reza, dikutip dari perbicangannya dengan Artis Enzy Storia di Youtube, Senin (27/9/2021). 

 

Sang ibu yang akrab dia sebut dengan mama menjadikan Reza sebagai rekan diskusi. Ibunya juga tidak pernah memaksakan apapun pada Reza. Sang ibu disebut selalu percaya pada anak-anak dan setiap keputusan yang anak-anaknya ambil. 

 

“Keputusan apapun yang kamu ambil mama percaya itu baik. Kalau salah sekalipun, mama nggak pernah salahkan itu. Kalaupun salah, mama akan rangkul anaknya dan ajak bicara. Itu yang aku rasa, peran ibu sangat luar biasa dalam membentuk karakter,” jelas Reza. 

 

Dia mengagumi sosok ibunya yang pekerja keras. Sebagai wanita, dia bisa bekerja sekaligus mengurus anak dengan baik. Hal itu diakui Reza belum tentu bisa dilakukan oleh para lelaki.

 

“Thats beauty of being a women. Ibu punya kehebatan yang sudah Tuhan kasih, bisa kerja, besarkan anak, at the same time jadi ayah dan ibu,” kata Reza. 

 

Reza juga selalu mengingat pesan sang ibu agar berhati-hati. Saat ini Reza sudah banyak dikenal, menjadi sorotan, tetapi suatu saat semua itu bisa diambil. Seperti matahari, cahayanya bisa timbul dan tenggelam, peran Reza di dunia bisa bergeser dan bisa jadi “sinar” saat ini tidak ada di Reza lagi. 

 

“Itu yang aku dapet. Orang paling berpengaruh dalam pertumbuhan, baik karir ataupun kepribadian. Adalah mama,” ujar Reza. 

 

Reza juga kenang di usia sekitar 20-21 tahun, mamanya mempertanyakan sesuatu yang dianggap unik. Reza tergelitik dan bingung menjelaskan tindakan sang mama yang “mengusir” dari rumah. 

 

“Ngusir atau gimana. Tiba-tiba mama bilang, kamu sudah 20 tahun, its okay, go out. Anak laki-laki harus tanggung jawab. Kalau mau keluar dari rumah dan cari segala sesuatu silahkan,” kenang Reza. 

 

Ibunya mengaku sudah sia melepaskan Reza untuk berpetualang, mengeksplore diri, dan memberikan kesempatan anaknya untuk keluar dari rumah. Kesempatan itu langsung diambil Reza dan memotivasinya untuk membuktikan pada sang ibu, suatu saat bisa pulang membawa sesuatu dan membanggakan orang tua. 

 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani