Netral English Netral Mandarin
16:54wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Kivlan Zein Divonis 4 Bulan 15 hari

Jumat, 24-September-2021 21:00

Kivlan Zein
Foto : Istimewa
Kivlan Zein
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Jumat (24/9/2021), menjatuhkan vonis empat bulan 15 hari kepada Mayjen (Purn) TNI Kivlan Zein karena dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan memiliki senjata api ilegal.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 4 bulan dan 15 hari," kata Ketua Majelis Hakim PN Jakarta Pusat, Agung Suhendro, saat membacakan amar putusan.

Kivlan dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana, turut serta secara tanpa hak menerima, menguasai, serta menyimpan suatu senjata api dan amunisi, sehingga dianggap melanggar pasal 1 ayat (1) UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang kepemilikan senjata juncto pasal 56 ayat (1) KUHP.

Dalam putusannya, hakim juga mengatakan bahwa barang bukti berupa satu pucuk senjata api, satu pucuk laras panjang, dirampas untuk dimusnahkan.

Dalam pertimbangannya, majelis hakim mengatakan, hal yang meringankan dari mantan Kepala Staf Kostrad itu adalah bahwa Kivlan pernah bertugas menjaga misi perdamaian dengan Pemerintah Filipina pada 1995-1996, bertugas saat operasi rahasia serta berjasa pada negara dalam membebaskan WNI yang disandera di Filipina.

Sedang hal yang memberatkan adalah telah meresahkan masyarakat dan tidak mengakui perbuatannya dengan terus terang.

Vonis majelis hakim ini lebih rendah dari tuntutan jaksa yang menghendaki Kivlan divonis tujuh bulan penjara.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani