Netral English Netral Mandarin
18:42wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Waduh! KLB Demokrat  di Deli Serdang Terjepit dari 2 Sisi, Dianggap Abal-Abal dan Ilegal 

Jumat, 05-Maret-2021 14:05

Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Heri Zulkarnain.
Foto : Merdeka.com
Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Heri Zulkarnain.
45

MEDAN, NETRALNEWS.COM - Massa dan panitia KLB Demokrat yang sekiranya bakal digelar hari ini namun mendapat penolakan dari dua sisi dan menjadi seolah terjepit.

Pasalnya, pihak Satgas Covid-19 dan pihak DPC Demokrat Gunungsitoli tegas menolak penyelanggaraan KLB. Pertanyaan yang masih ditunggu publik, apakah KLB tetap nekat akan digelar?

Respons DPC Gunungsitoli

Perlu diketahui, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Gunungsitoli telah menyatakan sikap menolak mengikuti kongres luar biasa (KLB) yang digelar sebagian kader.

"Saya tidak ikut KLB abal-abal itu, apalagi saya sedang dinas di Jakarta", ungkap Ketua DPC Partai Demokrat Kota Gunungsitoli, Herman Jaya Harefa (HJH) seperti dilansir Medanbisnisdaily.com, Jumat (5/3/2021).

Herman berpendapat, sikap DPC PD Kota Gunungsitoli tegas menolak KLB tersebut. Sebab menurutnya, KLB yang dilaksanakan itu jelas sangat bertentangan dengan konstitusi partai.

Dijelaskan, dalam pasal 83-84 AD/ART partai Demokrat ada KLB dapat di selenggarakan jika memenuhi ketentuan 2/3 pengurus DPD dari 34 provinsi, 1/2 DPC dari 514 kab/kota dan di setujui oleh majelis tinggi partai.

"Jadii apa yang terjadi hari ini di the Hill Hotel Sibolangit adalah kumpulan orang-orang yang tidak waras dalam berdemokrasi, cacat mental secara politik, kelompok orang -orang sakit hati yang ingin menghancurkan Demokrat, dan tidak ada pemilik suara yakni DPC dan DPD pada pelaksanaan KLB abal-abal itu", sebutnya.

Jika KLB hari ini melahirkan kepengurusan yang baru, tentu kepengurusan tersebut tidak sah secara hukum dan tidak patut di akui oleh negara. Kecuali jika pemerintahan di negara kita saat ini dalam keadaan tidak sehat dan tidak waras.

"Saya yakin negara masih berjalan sesuai dengan konstitusi bernegara dan melindungi setiap partai politik yang ada di negara ini", ujar Herman Jaya Harefa.

Respons Satgas Covid-19

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Deli Serdang, Zainal Abidin Hutagalung, menegaskan izin acara Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat di hotel The Hil Sibolangit ilegal alias tidak ada.

"Kami sudah menyakan kepada Polrestabes Medan. Itu memang tidak ada izinnya," ujar Zainal Abidin Hutagalung dihubungi melalui sambungan telepon selulernya, Jumat (5/3/2021).

Ketika disinggung sikap dari Satgas Covid-19 Deli Serdang jika dalam acara terdapat kerumunan, Zainal menegaskan kembali bahwa akan membubarkan paksa acara tersebut.

"Jika ditemukan adanya kerumunan massa, kita bubarkan acaranya. Kendati demikian, bila dalam KLB merdeka mematuhi prokes tidaklah bisa ditindak," jawabnya seperti dinukil Medanbisnisdaily.com.

Untuk diketahui, acara politik yang dilabeli Kongers Luar Biasa Partai Demokrat digelar di The Hill Hotel and Resort Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021) hari ini.

Informasi yang dihimpun, lokasi menuju hotel tersebut dijaga ketat. Penjagaan dilakukan oleh petugas keamanan hotel dan petugas dari panitia KLB. Bendera Partai Demokrat tampak berjejer di jalan masuk hotel.

 

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto