Netral English Netral Mandarin
10:22 wib
Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri akan digelar pada Rabu (20/1/2021). Polda Metro Jaya menjadwalkan pada Rabu (20/1/2021) gelar perkara terkait kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara ulang tahun Ricardo Gelael yang dihadiri Raffi Ahmad.
Komnas HAM Ungkap Titik Eskalasi Tinggi  Peristiwa Karawang antara Polisi Vs FPI

Jumat, 08-January-2021 19:45

Ilustrasi Komnas HAM.
Foto : Istimewa
Ilustrasi Komnas HAM.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memaparkan hasil investigasi insiden tewasnya 6 laskar Front Pembela Islam (FPI) pada Senin (7/12/2020) lalu yang disebut Komnas HAM sebagai "Peristiwa Karawang".

Salah satu yang dipaparkan Komnas HAM adalah hasil pemeriksaan terhadap voice note dan transkrip, rekaman suara serta lini masa digital. Pemeriksaan dilakukan secara manual dan dikonfirmasi kepada saksi yang masih hidup yang berbicara dalam voice note tersebut, termasuk di dalamnya meminta penjelasan konteks dan lokasi.

"Jadi voice note yang kami dapatkan, baik dari kepolisian maupun yang kita dapatkan dari FPI kami periksa secara manual termasuk juga jejak digital lini masa kami cocokan dengan keterangan saksi (yang masih hidup), orang-orang yang ada dalam rekaman," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam dalam jumpa pers di Komnas HAM, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2021).



Dari hasil pemeriksaan Komnas HAM, diketahui bahwa skema perjalanan kendaraan laskar FPI dan pihak kepolisian terjadi dari Sentul sampai ke gerbang Tol Karawang Timur, kemudian keluar Tol Karawang Timur hingga masuk lagi ke Tol Karawang Pintu Barat.

"Kami mendapatkan skema jalur perjalanan peristiwa dari Sentul sampai ke gerbang Karawang Timur. Kami mendapatkan konteks di luar tol sepanjang pintu keluar tol Karawang Timur sampai masuk lagi ke Tol Karawang Pintu Barat," ujar Anam.

Dari skema perjalanan itu, lanjut Anam, Komnas HAM juga mendapatkan konteks eskalasi ketegangan dan tindakan kekerasan yang terjadi antara FPI dan pihak kepolisian.

Pertama, eskalasi rendah dari Sentul sampai gerbang keluar Pintu Tol Karawang Timur. "Eskalasi rendah ditunjukkan belum adanya gesekan antara mobil FPI dengan petugas dan masih dalam jarak yang cukup jauh," ungkap Anam.

Kedua, eskalasi sedang dari gerbang Tol Karawang Timur sampai menuju flyover Hotel Swiss Bell di Karawang. "Eskalasi sedang mulai terdapat gesekan mobil dan jarak dekat," terang Ketua Tim Penyelidikan dan Pemantauan Komnas HAM itu.

Ketiga, eskalasi tinggi mulai dari Hotel Swiss Bell Karawang masuk ke pintu Tol Kerawang Barat sampai KM 49 di dalam tol. "Eskalasi tinggi mulai ada dugaan benturan mobil dan tembakan," jelas Anam.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan HP