Netral English Netral Mandarin
20:38wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Kontingen Indonesia Dipaksa Mundur dari All England, Ini Reaksi Ketua DPD

Jumat, 19-Maret-2021 23:00

Ketua DPD, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti
Foto : Pikiran Rakyat
Ketua DPD, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti
36

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kontingen bulutangkis Indonesia dipaksa mundur dari ajang bergensi All England Open 2021 karena berada dalam satu pesawat dengan orang yang positif Covid-19 saat penerbangan dari Istanbul menuju Birmingham pada Sabtu pekan lalu.

Kabar didiskualifikasinya skuad Merah Putih dari turnamen level Super 1.000 itu, mendapat sorotan dari Ketua DPD, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. Ia meminta panitia All England berlaku adil terhadap kontingen Indonesia.

"Saya meminta panitia berlaku adil untuk seluruh atlet. Jangan ada perbedaan perlakuan terhadap para atlet, utamanya terkait tes Covid-19. Jika atlet Denmark, Thailand dan India mendapat kebijakan untuk dites ulang, seharusnya itupun diberlakukan untuk atlet Indonesia," kata La Nyalla dalam keterangan resminya, Jumat (19/3/2021).

Sebagaimana diketahui, atlet Indonesia menggunakan maskapai Turki untuk masuk ke Inggris. Sementara di Turki sendiri kasus Covid-19 tengah mengganas. Sialnya, salah satu penumpang terpapar Covid-19, yang menyebabkan kontingen Indonesia harus didiskualifikasi dari ajang bergengsi tersebut. 

Sebagian besar rombongan Indonesia yang ada dalam penerbangan itu menerima pemberitahuan dari National Health Service (NHS) yang menyatakan mereka harus dikarantina sampai 23 Maret mendatang dan berimbas pada partisipasi mereka di turnamen.

Namun, perlakuan berbeda didapat oleh atlet asal Denmark. Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dan Badminton England memberi kesempatan untuk tes ulang karena munculnya hasil inkonklusif dan positif dalam jumlah yang signifikan.

Selain Denmark, kasus Covid-19 menjelang All England Open 2021 juga menimpa pemain dan/atau atlet dari negara India dan Thailand.

"Namun hal itu tak berlaku bagi kontingen asal Indonesia. Justru kontingen Indonesia langsung didiskualifikasi tanpa ada pemeriksaan ulang mendalam tehadap tes Covid-19," ujar La Nyalla.

Mantan Ketua Umum PSSI itu juga meminta pemerintah turun tangan membantu atlet skuad Merah Putih agar dapat berlaga memperjuangkan nama Indonesia di ajang All England Open 2021.

"Saya berharap pemerintah turun tangan membantu perjuangan atlet Indonesia agar dapat berlaga di All England Open 2021 dan membawa harum nama Indonesia," pungkas La Nyalla.  

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Taat Ujianto