Netral English Netral Mandarin
13:06wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Kontroversi Jacky Chan, Asli Hongkong Bermimpi Masuk Partai Komunis China

Jumat, 16-Juli-2021 18:15

Aktor Laga Hollywood
Foto : Reuters.
Aktor Laga Hollywood
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM

Legenda sekaligus aktor laga lawas Jackie Chan mengungkapkan kalau dirinya kagum serta bermimpi menjadi anggota Partai Komunis China (PKC).

Apalagi, kata Jacky berdasarkan pengalamannya hidup di Amerika. Lelaki Asli Hongkong itu selalu bangga mengaku jadi warga China.

“Saya juga iri bahwa Anda adalah anggota Partai Komunis, saya pikir Partai Komunis hebat, apa yang dikatakan Partai Komunis, apa yang mereka janjikan, akan selalu dilaksanakan dalam beberapa dekade,” tutur dia dalam wawancara dengan lembaga penyiaran China. Seperti dilansir, Jakarta, Jumat (16/7/2021).

Di platform media sosial utama China, Weibo, pengguna berpendapat Chan tidak layak menjadi anggota resmi Partai Komunis China.

“Saya tidak meragukan patriotisme dan profesionalismenya, tetapi gaya hidupnya. Anggota partai kami perlu memberi contoh positif,” tutur seseorang, menurut South China Morning Post.

"Dia mungkin tidak serius, dia hanya berakting pada kesempatan yang berbeda," tutur pengguna Weibo lainnya.

Kritik terhadap “gaya hidup” Chan kemungkinan berasal dari perselingkuhan di luar nikah sejak 1999, serta hukuman penjara enam bulan untuk pelanggaran narkoba yang diterima putranya di daratan China.

Yang lain menuduh Chan “mempermalukan” China di luar negeri, itulah sebabnya PKC lebih suka tidak dikaitkan dengannya. “Dia terlalu Amerika,” ujar komentar lain.

Pada 2019, Chan mengkritik protes anti-China yang keras di Hong Kong, dengan menggambarkan demonstrasi itu sebagai “sedih dan menyedihkan.”

Pada Agustus bulan itu, Chan memposting foto bendera China di Weibo, setelah pengunjuk rasa Hong Kong terlihat merusak lambang negara.

“Saya merasa bangga menjadi orang China di mana-mana, bendera merah berbintang lima dihormati di seluruh dunia,” tutur dia kemudian dalam wawancara. 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sulha Handayani