Netral English Netral Mandarin
15:31wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
Kritik Jokowi, Christ Wamea: Pimpinan Yang Benar-benar Tidak Konsisten

Sabtu, 14-Agustus-2021 16:00

Christ Wamea
Foto : Istimewa
Christ Wamea
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kritik terhadap Presiden Jokowi yang bagi-bagi paket bantuan sosial (Bansos) di Terminal Grogol, Jakarta Barat, Selasa (10/8/2021), masih mengalir di media sosial.

Setelah kritik dari berbagai kalangan, termasuk Sosiolog Musni Umar, kritik juga datang dari tokoh Papua yang eksis di media sosial, Christ Wamea.

Kritik itu terus mengalir karena pembagian paket itu menimbulkan kerumunan massa yang secara vulgar memperlihatkan pelanggaran protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, sementara di sisi lain Jokowi juga sendiri telah beberapa kali mengimbau masyarakat agar selalu menerapkan Prokes itu secara ketat demi mencegah penularan Covid-19, dan bahkan pemerintah Jokowi melakukan pembatasan-pembatasan dengan tujuan yang sama.

Pembatasan itu tertuang dalam penerapan PSBB yang kemudian diganti dengan PSBB Transisi, diganti lagi dengan PPKM setelah mengalami perpanjangan beberapa kali, dan diganti lagi dengan PPKM Mikro yang kemudian diganti lagi dengan PPKM Darurat, serta diganti lagi dengan PPKM Level 1-4.

PPKM Level 1-4 saja sudah diperpanjang tiga kali, terhitung sejak diterapkan pada sejak 21 Juli 2021.

"Dia umumkan PPKM berjilid2, tapi dia sendiri yang membuat kerumuman berjilid2. Benar-benar dia pimpinan yang tidak konsisten," kata Christ melalui akun Twitter-nya, @PutraWadapi, Sabtu (14/8/2021).

Dia tidak menyebut nama Jokowi, namun natizen paham siapa yang dimaksud, sehingga komentar-komentar yang diberikan mengarah ke orang yang dia maksud tersebut.

“The King of Lip Service,” kata @allan78873849.

The King of Lip Service adalah julukan yang diberikan BEM UI kepada Jokowi.

“Man of Contradiction,” sahut @IniBangAdi.

Julukan ini diberikan Ben Bland kepada Jokowi untuk judul bukunya yang berjudul Man of Contradiction: Joko Widodo and The Struggle to Remake Indonesia. Buku ini dirilis tahun 2020.

Seperti diketahui, Jokowi bukan hanya menciptakan kerumunan di Terminal Grogol pada Selasa (10/8/2021), tapi juga saat Kunjungan ke Maumere, NTT pada Februari 2021.

Imbauan Jokowi agar masyarakat menghindari kerumunan antara lain disampaikan setelah menerima suntikan kedua vaksin Sinovac di Istana Negara, Jakarta.

“Selain vaksinasi, kunci kedua adalah menjaga protokol kesehatan. Hindari kerumunan, kurangi mobilitas ke mana-kemana,” kata Jokowi malalui akun Youtube Sekretariat Presiden pada 27 Januari 2021.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP