Netral English Netral Mandarin
02:16wib
Lebih dari 4.300 orang telah meninggal dunia akibat "jamur hitam" di India yang umumnya menyerang pasien-pasien Covid-19. Gojek, Grab, dan ShopeeFood membantah terlibat dalam seruan aksi demo nasinonal Jokowi End Game yang berlangsung hari ini.
Kutip Sejahrawan Muhammadiyah, Gus Sahal: KH Ahmad Dahlan Tak Ragu Masuk Gereja Dengan Pakaian Haji

Selasa, 25-Mei-2021 14:15

Akademisi Sahal As
Foto : Istimewa
Akademisi Sahal As
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Amerika Ahmad Sahal atau Gus Sahal menegaskan kalau tokoh Muhammadiyah K.H Ahmad Dahlan memang pernah masuk gereja.

Hal ini diungkapkan setelah polemik aktivis twitter sekaligus Ismail Fahmi menyanggah foto dikabarkan hoax.

"KH Ahmad Dahlan pernah berkunjung dan masuk gereja itu BUKAN hoax. Pendiri Muhammadiyah tsb masuk gereja pake sorban, atau pakaian haji. Ini ditegaskan tokoh2 Muhammadiyah. Juga dikonfirmasi dlm sebuah disertasi ttg Muhammadiyah. Utas tanggapan thdp @ismailfahmi," tulisnya seperti dilansir akun resmi twitternya, Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Gus Sahal menambahkan kalau pernyataan itu diperkuat dengan buku garapan Sekretaris Jenderal PP Muhammadiyah.

"Ini misalnya pernah ditegaskan Sekjen PP Muhammadiyah Prof @Abe_Mukti dalam pengantarnya utk buku ttg KH Ahmad Dahlan terbitan Kemendikbud," tulisnya lagi.

Apalagi, lanjutnya Kata Prof @Abe_Mukti, KH Ahmad Dahlan bbrp kali terlibat perdebatan dengan tokoh2 Kristen, tp persahabatannya dengan mereka tetap erat. Dan beliau tak segan berkunjung dan masuk gereja dengan pake sorban.

"Menurut Prof Malik Fadjar, KH Ahmad Dahlan pertama terlibat dlm dialog agama dgn Pastor Van Lith di Muntilan, tokoh Katolik saat itu. Kyai Dahlan tak ragu-ragu masuk gereja dengn pakaian hajinya," tulis dalam utasnya.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Wahyu Praditya P