Netral English Netral Mandarin
14:12wib
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta sejumlah pihak tidak memaksakan diri melakukan isolasi mandiri (isoman) saat terpapar virus corona. Wagub DKI meminta masyarakat tetap berada di rumah jika tidak memiliki kepentingan mendesak demi terhindar dari varian baru virus corona, yaitu varian Delta plus atau B.1.617.2.1
Lagi, Keluarga Artis Ini Umumkan Positif Covid-19: Kaget, Bingung Banget

Jumat, 04-Juni-2021 05:20

Keluarga Mona Ratuliu dan Indra Brasco.
Foto : IDN Times
Keluarga Mona Ratuliu dan Indra Brasco.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pasangan Artis Mona Ratuliu dan Indra Brasco umumkan bahwa keduanya positif Covid-19. Bukan saat ini, kejadian itu ternyata telah terjadi pada awal Ramadhan 2021 lalu tetapi keduanya baru umumkan hal itu pada hari ini, Kamis (3/6/2021) melalui unggahan Youtube dan Instagram. 

Diakui Mona, tidak mudah bagi dia dan suami untuk menghadapi kenyataan terinfeksi virus yang menjadi pandemi ini. Apalagi Mona dan Indra memiliki empat orang anak dan tinggal bersama orang tua yang alami diabetes. 

"Tidak mudah, karena untuk orang tua dengan empat anak, tiba-tiba Covid. Jelimet, atur strategi bagaimana hari ini, esok dan lusa. Bingung banget," kata Mona, dikutip dari tayangan Youtubenya, Kamis (3/6/2021).

Indra Brasco Terinfeksi Lebih Dulu

Indra akui bahwa saat Pandemi Covid-19, keluarganya amat membatasi kegiatan di luar rumah. Setahun berlalu, akhirnya keluarga Indra dan Mona mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru, beraktivitas namun dengan protokol kesehatan ketat. 

Sampai akhirnya Indra menerima tawaran syuting sebuah web series dengan protokol kesehatan yang diakui sangat ketat. Tidak heran, Indra kerap jalani pemeriksaan Swab Antigen dan Swab PCR rutin secara berkala. 

"Mau syuting, Swab Antigen dan hasilnya positif. Akhirnya (Indra dan Mona) memutuskan untuk Swab PCR. Indra positif dengan CT 21, Mona negatif dan kaget," jelas Indra. 

Mengetahui terinfeksi virus mematikan itu, Indra lantas melakukan isolasi mandiri di kamar. Setelah sempat tanpa gejala, enam hari di kamar Indra mulai alami demam, batuk, dan pilek. Di sisi lain dia terus memantau saturasi oksigen dan suhu tubuh hingga akhirnya alami batuk, tulang sakit dan gelisah. 

Melihat kondisi yang memburuk, Indra lantas memutuskan untuk screening Covid-19 ke rumah sakit. Hasilnya, paru-paru sebelah kanan Indra terlihat berkabut dan harus di rawat inap di rumah sakit. 

"Rumah Sakitnya (RSPP) nyaman, pengobatannya jelas, gizi jelas, high protein dan makan tepat waktu. Diperiksa kondisi makan, tekanan darah, saturasi, suhu badan dan lain-lain," jelas Indra. 

Mona Menyusul Indra Terinfeksi Covid-19

Merasa Parno, tubuh tidak enak, Mona lantas melakukan Swab PCR, dua hari setelah Indra di rawat di rumah sakit. Keesokan harinya, saat sahur hari pertama, Mona mendapat pesan melalui WhatsApp bahwa dirinya dinyatakan positif. 

Sempat bingung, panik dan banyak pertimbangan. Dia akhirnya video call Indra dan sampaikan bahwa dia juga terjangkit Covid-19, lalu memberi tahu keluarga serumah yang disambut tangis dan kepanikan. 

Mona lantas melakukan isolasi mandiri di rumah dan mengungsikan ketiga anaknya serta orang rua ke rumah adik dari Indra. Berbeda dengan anak bungsunya yang masih balita yang masih menyusui. Setelah berkonsultasi dengan beebagai kalangan medis, Mona akhirnya menyusui anak bungsunya dalam keadaan terinfeksi virus dan protokol kesehatan ketat. 

Singkat cerita, Indra di rawat di rumah sakit selama sembilan hari lamanya hingga dinyatakan negatif dan boleh kembali ke rumah. Tetapi Indra belum boleh berkontak langsung dengan Mona hingga dua minggu berlalu dan menerima hasil Swab PCR istrinya telah dinyatakan negatif. 

Keduanya lantas membersihkan seluruh pakaian, hingga berkali-kali menggunakan layanan semprot disinfektan ke kediamannya. Hal itu dilakukan untuk memastikan keadaan rumah sudah terbebas virus dan adanya rasa kekhawatiran. 

Setelah merasa aman, Mona dan Indra lantas menjemput orang tua dan ketiga anak di rumah Adik dari Indra. Sontak rasa haru dan tangis mewarnai pertemuan keluarga artis ini. Bagaimana tidak, mereka hampir sebulan lamanya tidak berjumpa, apalagi di Bulan Ramadhan. Anak yang dijemput pun menangis, karena rindu dan sedih tidak bisa sahur dan buka bersama selama Ramadhan. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani