Netral English Netral Mandarin
11:17wib
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Minggu 1 Agustus 2021. Seluruh gerai Giant di Indonesia resmi tidak lagi beroperasi di Indonesia mulai hari ini, Minggu (1/8/2021).
Lagi Naik Daun di tengah Pandemi, Inilah Peluang Usaha Tanpa Modal yang Tak Sulit untuk Dijalankan

Kamis, 24-Juni-2021 19:15

Ilustrasi belanja online.
Foto : Istimewa
Ilustrasi belanja online.
4

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pandemi COVID-19 justru menjadi berkah bagi sejumlah pedagang online. Salah satu bentuk usaha online yang tengah naik daun dan bertumbuh pesat pada masa pandemi ini adalah dropship. 

Bisnis dropship merupakan bisnis yang paling mudah dilakukan karena bisa dilakukan tanpa modal besar, bahkan bisa tanpa modal sama sekali.

Pengusaha dropship atau yang biasa disebut dropshipper cukup mencari pembeli dengan produk-produk dari penjual lain. Jika transaksi berhasil, dropshipper menerima persentase komisi penjualan.

Praktiknya pun sederhana, dropshipper hanya perlu mengirimkan data pembeli kepada supplier untuk kemudian memproses pembelian barang yang akan dikirimkan atas nama toko dropshipper sebagai pihak kedua.

Kemudahan melakukan usaha dengan sistem dropship ini diakui oleh Permatasuri, salah satu pengusaha tas asal Depok, Jawa Barat. Kini, toko onlinenya yang bernama “etnikcantikunik” telah menjadi supplier untuk beragam produk dan memiliki banyak mitra dropshipper di berbagai kota di Indonesia.

Sejak tahun 2005, ia fokus pada bisnis ke para dropshipper. Bahkan, ia kini telah memiliki komunitas dropship sendiri, dimana ia mengelola kinerja setiap mitranya, agar mampu berkembang.

“Banyak orang mulai menjadi dropshipper karena penasaran dengan cara kerjanya, atau ingin tahu dulu peluangnya seperti apa. Saya ingin mereka ini ada yang mengarahkan, agar mereka bisa naik kelas dengan cepat,” katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (24/6/2021).

Menurut Permatasuri, keuntungan lain yang ditawarkan oleh praktik bisnis dropship ini adalah supplier bisa menjadi mentor bisnis pertama para dropshipper.

Ia mengatakan, para dropshipper tidak hanya kami berikan foto produk saja, tetapi juga pengetahuan bagaimana seharusnya mereka memasarkan barang dan mengelola bisnis mereka.

Selain itu, ada reward tersendiri bagi para dropshipper yang performanya bagus. Ini bisa melatih jiwa entrepreneur dan memberikan motivasi lebih bagi mereka,” kata Permatasuri.

Permatasuri menyebut keunggulan lain dropshipper, ialah mempunyai banyak keuntungan dari sisi opsi pilihan barang dagangan.

“Satu orang bisa jadi dropshipper untuk banyak produk, tergantung sekuat apa kemampuan mengelolanya. Makin banyak, tentu makin kompleks. Tapi untuk sebagian orang, banyak pilihan jadi membuka banyak peluang rezeki,” katanya seperti dilansir dari Antara. 

Reporter : Antara
Editor : Irawan HP