Netral English Netral Mandarin
18:28wib
Kasus Covid-19 di Indonesia kembali menunjukkan adanya tren peningkatan. Polisi tidak menilang pengendara mobil-mobil mewah yang sengaja berhenti di Tol KM 02.400 Andara (Jalan Tol Depok-Antasari), Minggu (23/1/2022).
Lakukan Cara Ini Jika Ingin Hemat Listrik di Rumah

Jumat, 12-November-2021 05:30

Ikuti berbagai cara agar hemat listrik.
Foto : Zona Sutra
Ikuti berbagai cara agar hemat listrik.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Listrik sudah menjadi kebutuhan manusia sehari-hari baik di rumah maupun di luar. Menghemat listrik perlu dilakukan agar bisa menghemat biaya juga.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah cara untuk menghemat listrik di rumah.

Mematikan Elektronik Yang Tidak Terpakai

Salah satu cara menghemat listrik yang benar-benar bisa mengurangi jumlah tagihan secara signifikan adalah membiasakan mematikan total perangkat elektronik di rumah. Jika memang elektronik sudah tidak digunakan dalam waktu lama, hendaknya Anda mencabut kabel daya.

Terkadang, orang seringkali hanya mematikan perangkat elektronik seperti televisi dengan remote control, namun tidak benar-benar mematikannya alias hanya mengubahnya jadi status mode siaga.

Perangkat lain yang seringkali tak sepenuhnya dimatikan antara lain komputer dan video konsol, termasuk mencabut charger dari stop kontak saat sudah tak lagi dipakai. Banyak dari peralatan ini menarik sejumlah kecil listrik sambil menunggu untuk digunakan.

Meskipun listrik yang dikonsumsi perangkat elektronik dalam mode siaga mungkin tampak kecil, semakin lama jangka waktunya, maka semakin besar tagihan listrik Anda.

Gunakan Perangkat Hemat Energi

Beberapa produsen elektronik kini sudah banyak yang memperbaharui produk-produk mereka seperti kulkas, mesin cuci, AC, penanak nasi, dan sebagainya.

Beberapa perangkat terbaru memiliki fitur khusus untuk meminimalkan konsumsi listrik, terutama saat pemakaian normal. Sejumlah produsen telah mencantumkan kode khusus bagi perangkat terbarunya yang hemat energi.

Pakai AC Secukupnya

AC menjadi salah satu banyak pemakaian di negara tropis seperti Indonesia, jika AC dinyalakan dari pergi Hingga malam tentu itu akan memakan banyak listrik, sebaiknya di nyalakan pada waktu mau tidur.

Maksimalkan Pintu Dan GordengSemakin banyak ventilasi udara dan cahaya tentu akan membuat penggunaan energi listrik semakin menurun. Biarkan udara bebas keluar masuk melalui pintu. Anda juga bisa menambahkan gorden untuk menghalau sinar matahari yang terlampau panas.

Gunakan Elektronik Berdaya Besar Secukupnya

Gunakanlah peralatan elektronik secara bersama-sama untuk mengurangi tagihan. Ini adalah cara menghemat listrik di rumah yang cukup efisien.

Contohnya, gunakan mesin cuci hanya pada saat kapasitas yang disarankan, ketimbang mesin cuci digunakan berkali-kali.. Anda bisa mengumpulkan baju kotor bersama dengan anggota keluarga lainnya untuk kemudian dimasukan ke mesin cuci bersama.

Hal yang sama juga berlaku pada pendingin ruangan. Maksimalkan AC hanya pada saat Anda berkumpul bersama keluarga.

Itulah beberapa cara menghemat listrik di rumah yang sebenarnya sangat mudah diaplikasikan. 

Reporter : Muhammad Ari Aditia
Editor : Sulha Handayani

Berita Terkait

Berita Rekomendasi