Netral English Netral Mandarin
banner paskah
02:19wib
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui penggunaan izin darurat (emergency use authorization/EUA) vaksin Covid-19 Sinopharm dengan efikasi 78,1 persen. Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa mudik Lebaran 2021, baik itu jarak jauh maupun jarak dekat, tetap ditiadakan.
Lakukan Ini Agar Karet Pintu Mobil Tak Mudah Rusak

Minggu, 02-Mei-2021 22:20

Karet pintu mobil berfungsi sebagai peredam pintu saat membuka dan juga menutup.
Foto : Otogrid
Karet pintu mobil berfungsi sebagai peredam pintu saat membuka dan juga menutup.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Berbagai komponen terutama pada mobil memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Salah satu komponen penting pada mobil yang ikut andil dan sering digunakan adalah karet pintu mobil. Salah satu bagian yang ada pada mobil tersebut mempunyai fungsi sebagai peredam pintu saat membuka dan juga menutup. 

Bahkan jika Anda menggunakan tambahan karet pintu mobil universal, maka kekedapan suara akan bertambah pada karet pintu karet standarnya. Tak hanya itu saja, untuk mencegah air tidak masuk ketika hujan, maka karet pintu ini berperan penting terhadap hal itu.

Karet pintu tersebut, tidak selamanya akan berfungsi sebagaimana mestinya. Biasanya dikarenakan sudah lama, maka fungsinya akan berkurang bahkan harus diganti. Salah satu karet pintu pada mobil yang tidak berguna lagi terlihat dari teksturnya yang keras dan tidak elastis lagi. Tetapi bukan berarti kita hanya bisa membiarkannya. Karena setidaknya Anda bisa mengusahakan agar karet pintu pada mobil bisa tahan lama dan awet. 

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat karet pintu kendaraan kesayangan seperti dilansir dari laman resmi Daihatsu:

1. Pilihlah Tempat Parkir yang Aman

Apakah ada kaitannya antara karet pintu mobil tahan lama dengan pemilihan tempat parkir yang aman dan nyaman? Tentu keduanya sangat berkaitan. Dikarenakan jika Anda memarkir mobil ditempat yang aman terhindar dari paparan matahari terik, maka karet tidak cepat kering. 

Jika karet pintu cepat kering, maka pemakaiannya pun tidak akan bertahan lebih lama. Apabila Anda berkunjung ke tempat-tempat keramaian, pastikan Anda mendapatkan tempat parkir yang teduh. Karena dengan cara inilah Anda bisa menjaga karet pintu untuk bertahan lebih lama lagi.

2. Menghindari Kontak Langsung dengan Karet

Tentu di saat Anda keluar masuk mobil dan juga memasukkan dan mengeluarkan barang dari dan keluar mobil, Anda akan kontak langsung dengan pintu karet. Sebaiknya sebisa mungkin menghindari kontak langsung tersebut. Hal itu dilakukan agar menghindarkan karet dari robek akibat gesekan dan membuat mobil semakin tidak nyaman. Untuk itu Anda harus memperhatikan hal ini walaupun terlihat sepele dan tidak penting.

3. Membersihkan Kotoran yang Menempel

Karet pintu pada mobil ini juga tidak tahan lama dikarenakan banyaknya kotoran yang menempel. Untuk itu Anda harus memperhatikan kotoran yang sering menempel pada pintu karet. Caranya adalah dengan mencuci, menyiram di sela-sela lekukan pada karet mobil.

Gunakan air bersih untuk merontokkan kotoran-kotoran yang menempel pada karet pintu tersebut. Anda pun juga bisa memanfaatkan cairan silikon untuk menjaga kelembaban karet tersebut. Cairan ini juga bisa dimanfaatkan ketika mobil terpapar sinar matahari yang menyebabkan karet pintu menjadi kering dan tidak tahan lama.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani