Netral English Netral Mandarin
06:21 wib
Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto menggugat pemerintah Indonesia membayar ganti rugi sebesar Rp56 miliar terkait penggusuran dalam proyek pembangunan Tol Depok-Antasari di Jakarta Selatan. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengonfirmasi bahwa Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) jadi Kapolri pada Rabu (27/1).
Ingin Hilangkan Perut Buncit? Lakukan Olahraga Berikut

Selasa, 29-December-2020 20:40

Olahraga untuk mengecilkan perut.
Foto : Shutterstock
Olahraga untuk mengecilkan perut.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Pandemi Covid-19 yang menyebar dalam setahun terakhir membuat masyarakat saat ini gemar menjalankan gaya hidup sehat.

Untuk kamu yang sedang mencari olahraga mengecilkan perut, lakukan gerakan-gerakan berikut ini, niscaya perutmu akan menjadi rata dan seksi. NNC pun sudah merangkumnya dari berbagai sumber.

1.    Sit up



Olahraga mengecilkan perut yang satu ini jadi yang paling umum dan favorit di masyarakat. Sit up digemari karena gerakannya sederhana, mudah, dan bisa dilakukan kapan saja. Gerakan satu ini dapat mengecilkan otot perut terutama pada bagian perut atas. Cara melakukannya adalah mulailah berbaring secara telentang dengan posisi tangan dilipat ke bagian depan dada dan lutut ditekuk. Kalau sudah, angkat badan mendekati lutut, dan kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan untuk mengecilkan perut ini selama 30 kali dalam satu sesi.  

2.    Flutter Kicks

Pertama, posisikan tubuh dengan tidur terlentang dan punggung menyentuh matras lalu perlahan angkat kedua kakimu secara bergantian dari atas ke bawah. Pastikan kaki tidak menyentuh lantai atau matras agar gerakan ini bisa membakar lemak perut secara maksimal.

3. Crunches

Crunches merupakan salah satu olahraga mengecilkan perut yang paling efektif. Caranya pun gampang. Kamu hanya tinggal berbaring dengan posisi kaki ditekuk membentuk sudut 90 derajat serta letakkan tangan di belakang kepala. Lalu dengan menggunakan otot perut dan punggung untuk mendorong tubuh, angkat kepala hingga otot perutmu berkontraksi. 

4. Leg Raises

Sama seperti gerakan Flutter Kicks, hanya saja di gerakan Leg Raises, kamu harus mengangkat kedua kakimu secara bersamaan. Turunkan kedua kaki secara perlahan tapi jangan menyentuh matras. Apabila kamu merasa keberatan dengan olahraga di rumah ini, taruh kedua telapak tangan di belakang pantat untuk membantu kaki naik ke atas.

5. Reverse Crunch

Setelah leg raises, gerakan olahraga mengecilkan perut di rumah diteruskan dengan mendorong kedua kaki sampai ke arah belakang semaksimal mungkin. Sekilas, memang tampak seperti roll belakang tetapi tidak sepenuhnya. Jangan sampai kaki menyentuh matras juga walaupun mulai lelah.

6. Mountain Climber Twist

Posisikan tubuh dengan postur full plank, tangan lurus menahan berat badan dan kaki lurus ke belakang. Tekuk kaki ke arah dadamu dan putar ke arah dalam, misalnya kaki kiri kamu tekuk dan putar ke kanan, begitu juga sebaliknya. Tak usah terburu-buru, lakukan gerakan olahraga di rumah ini dengan perlahan dan jangan lupa mengencangkan otot perut. Pastikan posisi punggung dan pantat lurus sejajar sesuai dengan postur plank yang benar.

7.Cross Crunch

Cross crunch boleh dibilang gerakan yang mudah, tapi untuk mendapatkan manfaatnya, kamu tidak boleh salah melakukannya karena bisa berakibat cedera. Lakukan cara berikut dengan seksama; Pertama, baringkan tubuh secara terlentang di lantai. Kemudian tangan dan kaki diposisikan diagonal keluar, sehingga tubuh membentuk huruf X. Setelah itu, tetap jaga kaki dan lengan lurus, kemudian arahkan tangan kanan ke kaki kiri dan tangan kiri ke kaki kanan. Lalu, angkat kepala, leher, dan bahu dari lantai. Untuk hasil yang maksimal, lakukan gerakan ini sebanyak sepuluh kali dalam satu set.

8. Heel Touch

Khusus untuk kamu yang sedikit malas, gerakan ini cocok kamu lakukan. Kamu hanya cukup berbaring terlentang, lalu gerakkan tubuh ke kanan serta ke kiri secara bergantian, mudah kan? Untuk gerakan rincinya ikuti acra berikut; Pertama, baringkan tubuh secara terlentang di lantai. Kemudian, tekuk kedua kaki dengan lutut menghadap atas. Lalu, angkat sedikit bahu dan sentuh tumit kanan serta kiri secara bergantian. Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali dalam satu set.  

9. Bicycle Crunches

Gerakan ini sangat mirip dengan gerakan mengayun sepedah yang saat ini jadi olahraga yang tengah hits di masa pandemi. Untuk melakukannya ikuti petunjuk berikut; pertama posisikan tubuh untuk terlentang di lantai, kemudian letakkan tangan di bawah kepala untuk menopang kepala. Untuk posisi kepala sendiri sedikit meringkuk ke depan, sehingga tidak menempel di lantai. Lalu untuk posisi kaki, angkat tinggi ke atas sampai membentuk sudut sekitar 45 derajat dari lantai. Selanjutnya, putar tubuh bagian atas ke kanan serta kiri dengan kepala mengikuti arahnya. Kalau kalian menengok ke kanan, maka kaki kiri ditekuk sampai menempel siku, lalu luruskan kembali. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali untuk setiap set.

10. Plank Jacks

Plank Jacks adalah gerakan gabungan antara full plank dan jumping jacks. Posisikan tubuhmu seperti gerakan push up. Gerakkan kedua kaki melebar dan merapat dengan memberi sedikit lompatan. Jangan lupa, posisi punggung dan pantat tidak boleh menekuk.

11.Side plank

Jika kamu ingin secara khusus melatih otot perut bagian samping, sekaligus mengenai otot paha, dan pinggul, maka Side Plank sangat cocok dilakukan. Caranya; Berbaringlah pada sisi kiri tubuh dengan posisi tangan kiri menahan beban tubuh. Letakkan tangan kanan di pinggang, lalu angkat pinggul ke atas. Tahan gerakan ini hingga 30-45 detik. Ulangi gerakan 10-15 kali dalam satu sesi.Seluruh gerakan di atas jika dilakukan rutin, maka kamu akan kaget melihat ukuran perutmu dalam beberapa bulan mendatang. Cobain deh! 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian