Netral English Netral Mandarin
05:45wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Lapas Tangerang Terbakar, Aleg PKS: Kenapa Sangat Banyak yang Meninggal, Apa Ada Kelalaian Petugas?

Rabu, 08-September-2021 20:20

Politisi PKS, Aboebakar Alhabsyi
Foto : Istimewa
Politisi PKS, Aboebakar Alhabsyi
33

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota Komisi III DPR, Aboebakar Alhabsyi, meminta aparat keamanan untuk melakukan penyelidikan mendalam terhadap penyebab kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten yang menewaskan 41 warga binaan.

"Kita sangat menyayangkan terjadinya kebakaran tersebut dan meminta aparat keamanan untuk melakukan penyelidikan yang mendalam terhadap penyebab kebakaran lapas tersebut," kata Aboebakar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/9/2021).

Aboebakar juga meminta Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) untuk melakukan penyelidikan mengenai penerapan Standar Operasional Prosedur(SOP) penanganan kebakaran di lapas tersebut.

"Harus dilakukan audit, bagaimana sebenarnya kejadian kebakaran ini, dan kenapa sangat banyak korban yang meninggal dunia, apakah memang ada SOP yang tidak dilakukan, ataukah ada kelalaian dari petugas yang menyebabkan warga binaan tak tertolong," ujarnya.

Disisi lain, lanjut Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, Ditjen PAS perlu mengevaluasi SOP evakuasi lapas jika terjadi kebakaran. 

"Seharusnya ada pola mitigasi yang bisa dilakukan, sehingga jika terjadi kebakaran di lapas tidak akan memakan korban sebanyak ini. Apalagi banyak lapas di Indonesia yang mengalami over kapasitas," pungkasnya.

Diberitakan, api melalap Lapas Kelas I Tangerang pada Rabu (8/9/2021) dini hari sekitar pukul 1.45 WIB. Kebakaran terjadi di Blok C2 yang dihuni oleh 122 warga binaan. Akibat insiden itu, 41 orang meninggal dunia, delapan orang luka berat, dan 73 lainnya luka ringan.

"Penyebab kebakaran dugaan awal akibat hubungan arus pendek listrik (korsleting), kepastian penyebab masih dilakukan penyelidikan. Api dapat dipadamkan pukul 03.30 WIB," kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dalam keterangannya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P