Netral English Netral Mandarin
03:57wib
LSI Denny JA menilai, PDI Perjuangan berpotensi akan mengalami kekalahan jika mengusung Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menegaskan fasilitas kesehatan di Indonesia bisa tumbang dalam 2-4 minggu jika pengendalian pandemi tidak diperketat.
Lepas Rem Tangan dan Isi Penuh BBM Itu Penting, Inilah Beberapa Tips Jika Harus Meninggalkan Mobil dalam Waktu Lama

Jumat, 04-Juni-2021 19:46

carandbike com
Foto : Ilustrasi kabin mobil.
carandbike com
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jika anda memiliki rencana untuk bepergian dan harus meninggalkan mobil dalam waktu yang lama, sejumlah persiapan harus diperhatikan.

Agar saat digunakan kembali mobil anda tetap baik dan tak timbul masalah, ada baiknya ikuti beberapa tips-tips berikut ini:

Lepas Rem Tangan

Sebaiknya tidak mengaktifkan rem tangan apabila berniat untuk meninggalkan mobil dalam waktu yang lama di rumah. Hal itu dilakukan untuk menghindari bantalan rem tersangkut di cakram. Jika ini terjadi, maka Anda akan kerepotan ketika harus mengendarainya lagi. Cara amannya, Anda bisa menggunakan kunci roda atau mengganjal ban dengan batu agar tidak berjalan ke depan.

Parkir di Garasi dengan Sarung Mobil

Jika memungkinkan, Anda sebaiknya memarkir mobil di garasi karena lebih aman dan juga bersih. Apabila tak memiliki garasi di di rumah dan terpaksa memarkirnya di luar, selimuti mobil dengan sarung. Belilah sarung mobil yang ukurannya pas supaya bisa menutup secara keseluruhan. Namun jika mobil diparkir di tempat dengan atap tertutup tak perlu lagi menggunakan sarung agar tak cepat lembab.

Perhatikan Busi

Apabila Anda berencana meninggalkan mobil dalam waktu yang lama, disarankan untuk mencopot busi dan menyemprotkan sedikit oli di soket sebelum menaruhnya kembali. Cara ini dapat mencegah kepala silinder berkarat dan kondisinya tetap lembab. Anda juga bisa menggunakan aditif untuk memberikan lapisan pelindung ke dalam mesin.

Bersihkan Mobil

Biasanya para pemilik mobil tak memperdulikan kondisi interiornya saat akan ditinggal lama. Sebelum ditinggal dalam waktu yang lama, bagian interior mobil wajib dalam kondisi bersih untuk mencegah bakteri timbul di karpet mobil, jok, bahkan kabel-kabel di dalam mesin. Bisa juga menggunakan sedikit pengharum ruangan untuk menjaganya agar kabin mobil tetap wangi.

Begitu pula dengan bagian eksteriornya. Untuk mencegah mobil lecet kala ditinggal dalam waktu lama, cuci mobil terlebih dahulu untuk membersihkan debu-debu yang menempel, ya. Supaya kotoran tidak terlalu lama menempel di bodi mobil.

Isi Bensin Penuh

Tangki bahan bakar bisa berkarat jika ditinggal dalam waktu yang lama. Salah satu cara ampuh untuk menghindarinya adalah mengisi bensin beroktan tinggi secara penuh. Cara ini dapat mencegah tangki bahan bakar cepat berkarat.

Cek Aki

Jangan lupa untuk mengecek kondisi aki mobil Anda. Pastikan kondisinya prima saat ditinggalkan. Atau Anda bisa melepaskan aki dan menyimpannya di tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari langsung.

Pakai Dongkrak

Ban mobil dapat cepat mengempis karena terlalu lama menempel pada permukaan suatu permukaan. Untuk menghindarinya, Anda disarankan untuk menggunakan empat dongkrak di masing-masing roda. Hal itu dilakukan demi menghindari mobil bertumpu pada roda.

Ganti Oli dan Filter

Ada baiknya untuk mengganti oli dan filter terlebih dahulu sebelum mobil ditinggal dalam waktu lama. Karena oli bekas mengandung uap air, serbuk logam, lumpur, dan elemen korosif lainnya.

Cek Tekanan Ban

Pastikan tekanan ban pada kondisi sesuai anjuran pabrikan saat mobil akan ditinggal dalam waktu lama. Mengisi tekanan yang pas dapat mencegah pinggiran permukaan ban retak. Seperti dikutip dari laman wuling.id.Jangan lupa juga untuk mengecek tutup pentil ban dalam kondisi menutup keseluruhan.

Reporter : Irawan HP
Editor : Nazaruli