Netral English Netral Mandarin
07:15wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Lewat Postingan Instagram, Moeldoko Pamer Disuntik Vaksin Nusantara

Jumat, 30-Juli-2021 21:00

Tampilan Instagram Kepala KSP Moeldoko
Foto : Instagram
Tampilan Instagram Kepala KSP Moeldoko
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko disuntik Vaksin Nusantara, langsung oleh inisiator vaksin tersebut, mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Kabar ini disampaikan sendiri oleh Moeldoko melalui akun Instagram-nya, @dr_moeldoko, Jumat (30/7/2021).

Moeldoko mengunggah momen vaksinasi tersebut di akun Instagram pribadinya. Ia mendapat suntikan Vaksin Nusantara di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

"Hari ini saya menerima suntikan vaksin Nusantara untuk mencegah penularan Covid-19 dari Letjend (Purn.) Terawan Agus Putranto di RSPAD Gatot Soebroto," tulisnya.

Mantan Panglima TNI itu menjelaskan, vaksin ini memakai metode dendritik yang bahan dasarnya berasal dari sel darahnya sendiri.

"Setelah sel itu melalui proses di laboratorium, sel tersebut kembali dimasukkan ke dalam tubuh saya," imbuhnya.

Moeldoko menilai, Vaksin Nusantara merupakan sebuah inovasi dari anak bangsa untuk berperan serta dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Biarlah saya ikut mencoba dulu sebagai dukungan pada kerja keras anak bangsa," ucapnya.

Moeldoko berharap dukungan yang diberikannya ini tidak diasumsikan macam-macam.

Seperti diketahui, hingga kini Vaksin Nusantara masih menjadi polemik, karena vaksin yang digagas mantan Menkes Terawan Agus Putranto dan sejumlah peneliti itu tetap menjalani uji klinis kedua, meski BPOM menyatakan vaksin itu belum lolos uji klinis tahap pertama.

Dari hasil penelitiannya, BPOM juga mengatakan bahwa pihaknya menemukan bahwa Vaksin Nusantara dikerjakan oleh peneliti perusahaan asal Amerika Serikat, AVITA Biomedical, sementara peneliti dalam negeri hanya menonton, sehingga BPOM menganggap bahwa Vaksin Nusantara bukan karya anak bangsa.

Belakangan, BPOM mengatakan bahwa pihaknya sudah tidak lagi memiliki kewenangan untuk menyetujui uji klinik lanjutan Vaksin Nusantara, termasuk tidak lagi berwenang memberi izin edar atau izin penggunaannya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP