Netral English Netral Mandarin
13:00wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Lidi Nipah dan Sawit asal Kaltim Dimiinati Kanada, 25 Ton Siap Diekspor

Sabtu, 09-Oktober-2021 01:00

Ilustrasi ekspor.
Foto : Antara
Ilustrasi ekspor.
6

SAMARINDA, NETRALNEWS.COM - Sebanyak empat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) segera melakukan ekspor lidi dari nipah dan kelapa sawit ke Kanada, sehingga diharapkan hal ini menjadi langkah awal memacu ekonomi dari bawah.

"Keempat BUMDes tersebut semuanya berada di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara," ujar Muryanto, Kasi Usaha Ekonomi Masyarakat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim di Samarinda, Jumat (8/10/2021).

Rinciannya adalah BUMDes Bina Mandiri di Desa Muara Badak Ulu, BUMDes Karya Prima di Desa Salo Palai, BUMDes Maranu di Desa Batu-Batu, dan BUMDes Mekar Sejati di Desa Saliki.

Lidi nipah dan lidi kelapa sawit yang sudah dikeringkan, lanjut dia, dibeli oleh BUMDes dengan harga di kisaran Rp2 ribu dari perajin, kemudian oleh masing-masing BUMDes dikumpulkan dan disetor ke eksportir yang sudah melakukan perjanjian kerja sama.

Ekspor perdana tersebut akan dilakukan pada Selasa, 12 Oktober ini, bersamaan dengan peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Total lidi nipah dan lidi kelapa sawit yang siap diekspor ke Kanada di tahap awal ini sekitar 25 ton. Ekspor komoditi ini akan terus berlanjut secara berkala, bahkan ke depan pasarnya akan dikembangkan hingga ke India dan Bangladesh," ujar Muryanto seperti dilansir Antara.

Reporter : Antara
Editor : Irawan HP