Netral English Netral Mandarin
15:16wib
TNI Angkatan Udara melayangkan permintaan maaf atas peristiwa kekerasan yang dilakukan dua oknum prajuritnya terhadap warga sipil di Merauke, Papua, Senin. Pemerintah Amerika Serikat kembali mengimbau kepada para penduduk dan pemukim kembali mengenakan masker guna mencegah infeksi virus corona (Covid-19) varian Delta.
Bosan dengan Opor dan Rendang, Coba Bikin Lima Menu Alternatif Lebaran Berikut

Selasa, 11-Mei-2021 23:59

Masakan Rawon
Foto : tokopedia.com
Masakan Rawon
58

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Dua menu wajib yang biasanya selalu ada di setiap meja saat lebaran adalah opor ayam dan rendang. Namun, jika Anda bosan dengan kedua menu tersebut, tidak ada salahnya coba memasak menu lebaran yang tidak kalah lezat lainnya. 

Menu-menu ini tetap berbahan daging, dan tentunya dijamin punya rasa yang tak kalah lezat dibanding opor dan rendang. Berikut menu alternatif lebaran seperti dilansir dari berbagai sumber;

1. Rawon 

Rawon merupakan resep masakan klasik yang sudah dikenal sejak abad ke-10. Masakan asal Jawa Timur ini punya kuah berwarna hitam kecokelatan dan rasa yang begitu segar, terutama karena disertakannya taoge, jeruk nipis, dan sambal terasi dalam penyajiannya. 

Rawon pada dasarnya adalah sop daging sapi, namun dengan warna kuah yang khas. Salah satu pembedanya adalah adanya campuran buah keluak atau kluwek yang memiliki rasa khas dan tidak digunakan dalam sop mana pun. 

Menu ini dapat menjadi pilihan menu masakan lebaran selain opor ayam jika Anda ingin sesuatu yang beda. 

2. Sayur godog 

Sayur godog adalah salah satu menu wajib orang Betawi untuk momen Idul Adha dan Idul Fitri. Jika Anda bukan orang Betawi dan jarang menyajikan menu ini, maka tak ada salahnya untuk menyertakan menu sayur godog di hari lebaran tahun ini. 

Dilansir dari kompas.com, Budayawan Betawi Yahya Andi Saputra menjelaskan bahwa sayur godog biasa muncul pada ritus atau tata cara dalam upacara keagamaan tertentu, misalnya ritus redekah bumi atau ritus baritan. Baritan sendiri sudah diselenggarakan sejak sebelum Islam menjadi agama utama masyarakat Betawi. 

Karena tak menyertakan daging-dagingan, maka menu ini juga cocok bagi Anda yang tidak makan daging atau sedang ingin makan sayuran. Sayur godog biasa disajikan bersama ketupat. Rasa gurih, asin, dan sedikit pedas yang khas membuat menu ini begitu menggugah selera. 

3. Bakso 

Bakso juga menjadi salah satu menu yang mudah didapatkan. Jika ingin membelinya, pedagang bakso cenderung mudah ditemukan di lingkungan tempat tinggal kita. Mulai dari bakso panggul, gerobak, hingga bakso kedai. 

Menu ini juga cocok untuk segala suasana dan dapat diracik sendiri sesuai selera. Jika ingin versi yang lebih sehat, kita juga bisa membuat bakso sendiri di rumah. Untuk menghasilkan daging bakso yang sehat diperlukan daging sapi yang sehat dan rendah lemak. 

Selain menggunakan daging sapi, kita juga bisa membuat bakso dengan daging ayam atau daging ikan. Untuk bakso ayam, disarankan memilih daging dada serta menghindari daging paha atas dan bawah. 

Sementara untuk bakso ikan, beberapa jenis ikan yang bisa dipilih seperti tawes, nila, dan ikan mas. Udang dan teripang juga bisa dijadikan bakso. 

4. Semur daging 

Bosan dengan menu rendang saat lebaran? Semur daging bisa jadi opsi lain, terutama jika menginginkan rasa daging yang cenderung lebih manis-gurih. Meski semur daging adalah salah satu menu semur paling umum ditemui, menu ini sebetulnya bisa dibuat dari berbagai macam bahan makanan menjadi menu seperti semur jengkol, semur daging ayam, semur tahu, hingga semur daging kambing. 

Beberapa bumbu yang biasanya disertakan untuk membuat semur daging seperti bumbu halus, kecap manis, lengkuas, serai, dan daun salam. Setelah memasak daging sapi hingga empuk, kita masih menambahkan bumbu lainnya, yakni bumbu jitan dan lada sangrai agar masakan terasa lebih sedap. 

Kita juga bisa mengkreasikan rasa daging semur, misalnya membuatnya menjadi sedikit lebih pedas, asam, atau menggunakan saus tiram demi menciptakan rasa yang unik untuk menu lebaran.

5. Sup buntut 

Sup buntut juga menjadi salah satu masakan khas Indonesia. Rasa kuah kaldunya yang gurih dan daging di buntut sapi yang lembut membuat menu ini selalu bikin ketagihan. Selain dijadikan sup, buntut juga bisa dimasak dengan cara dibakar. 

Jika ingin membuat sop buntut, piih buntut dengan kualitas baik agar menu sup buntut sapi ini bisa terasa lebih nikmat. Cara memilih buntut sapi yang berkualitas baik seperti membeli dari tempat terpercaya, memilih buntut sapi bagian tengah, memilih daging berwarna merah segar dan tak memiliki bau yang tidak menyengat, serta memilih buntut sapi segar daripada beku (frozen). 

6. Soto 

Soto adalah menu masakan yang sangat akrab di lidah kita sehari-hari. Kita juga bisa mendapatkannya dengan mudah, mulai dari dari pedagang kaki lima hingga soto di restoran. Untuk itu, masakan ini juga cocok menjadi alternatif menu masakan lebaran. 

Ada berbagai jenis soto atau coto di setiap daerah dengan racikan yang berbeda-beda, seperti soto Madura, soto Betawi, soto Bandung, coto Makassar, dan lainnya. Pada dasarnya, menurut buku 100 Resep Sop & Soto Indonesia yang ditulis oleh Dapur Kirana (2009), soto atau coto adalah masakan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. 

Daging yang paling sering digunakan adalah ayam dan sapi, tetapi banyak juga tersedia soto daging kambing. Setiap soto punya rasa yang berbeda-beda. Misalnya, jika mencari menu masakan yang lebih sehat maka bisa memilih menu soto dengan ayam dan tidak ditambahkan santan. Hidangkan soto bersama jeruk nipis untuk membuat cita rasanya semakin terasa nikmat. 

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP